Biologi

1. Jawaban: c Floem adalah jaringan pengangkut pada tumbuhan yang berfungsi mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan. Adapun sel adalah satuan unit terkecil kehidupan. Organ merupakan struktur yang terbentuk dari beberapa jaringan yang bekerja sama untuk melakukan fungsi tertentu. Sistem organ adalah kumpulan dari beberapa organ yang melakukan fungsi tertentu. Individu terbentuk dari sistem-sistem organ yang bekerja sama dalam satu kesatuan. 2. Jawaban: d 1) Bioteknologi mengkaji tentang teknologi untuk memproduksi barang dan jasa dengan memanfaatkan makhluk hidup. 2) Ekologi mengkaji tentang hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. 3) Ekofisiologi mengkaji tentang hubungan antara lingkungan dengan proses dan kegiatan yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup. 4) Ekotoksikologi mengkaji tentang pencemaran lingkungan oleh toksin atau racun. 5) Parasitologi mengkaji tentang kehidupan parasit dan pengaruhnya bagi makhluk hidup. 3. Jawaban: a Teknik poliploidisasi pada tanaman bertujuan menghasilkan tanaman pangan unggul dengan produktivitas tinggi. Contoh tanaman poliploidisasi adalah semangka tanpa biji. Mutagen yang paling sering digunakan dalam teknik poliploidisasi adalah kolkisin, yaitu sejenis alkaloid yang dihasilkan oleh umbi Colchicum autumnale. Kolkisin bersifat menghambat pembentukan benang-benang spindel dari mikrotubulus pada tahap anafase pembelahan mitosis atau meiosis. Akibatnya, gerakan kromatid ke kutub-kutub sel terhambat sehingga terbentuklah poliploidi. Peristiwa tersebut dapat dipelajari melalui cabang ilmu Biologi, yaitu Biokimia dan Genetika. Biokimia merupakan cabang ilmu Biologi yang mengkaji proses-proses kimiawi dalam sistem kehidupan. Adapun Genetika merupakan cabang ilmu Biologi yang mengkaji cara pewarisan sifat pada makhluk hidup. 4. Jawaban: a Pembuatan antibiotik penisilin melibatkan peran Penicillium notatum yaitu jenis jamur dari golongan Ascomycotina. Cabang Biologi yang mempelajari tentang jamur adalah Mikologi. Adapun teknologi yang digunakan untuk membuat antibiotik penisilin dipelajari dalam Bioteknologi. Entomologi mempelajari tentang serangga. Parasitologi mempelajari tentang parasit. Bakteriologi mempelajari tentang bakteri. Mikrobiologi mempelajari tentang mikroba. Biologi Molekuler mempelajari tentang penyusun tubuh makhluk hidup di tingkat seluler. 5. Jawaban: b 1) Paleontologi : cabang Biologi yang mempelajari kehidupan makhluk hidup pada masa lampau dilihat dari fosil-fosil. 2) Zoologi : cabang Biologi yang mempelajari hewan dan kehidupannya. 3) Botani : cabang Biologi yang mempelajari kehidupan tumbuhan dan peranannya bagi makhluk hidup. 4) Genetika : cabang Biologi yang mempelajari cara pewarisan sifat makhluk hidup kepada keturunannya. 6. Jawaban: c Belalang termasuk salah satu jenis serangga (Insecta) dari ordo Orthoptera. Ciri utama ordo ini yaitu memiliki tipe mulut menggigit dan kaki paling belakang membesar. Dengan demikian, kegiatan yang dilakukan Fatimah berkaitan dengan Entomologi yaitu cabang Biologi yang mempelajari serangga. Adapun Parasitologi mempelajari penyakit dan penyebarannya, Hematologi mempelajari tentang darah, Sitologi mempelajari tentang sel, dan Virologi mempelajari tentang virus. 7. Jawaban: c Biologi Kelas X 3 8. Jawaban: d Teknik kultur jaringan merupakan suatu teknik untuk mengisolasi bagian tanaman (kelompok sel dan jaringan) serta menumbuhkannya dalam kondisi aseptik sehingga bagian-bagian tersebut dapat memperbanyak diri dan beregenerasi menjadi tanaman lengkap kembali. Teknik ini bertujuan memperbanyak tanaman secara vegetatif dengan sifat sama (seragam). Menciptakan tanaman tahan hama dan penyakit, tanaman berproduktivitas tinggi, serta tanaman transgenik merupakan peranan dari rekayasa genetika karena menghasilkan sifat-sifat baru yang berbeda dari induknya. 9. Jawaban: a 1) Perkembangan makhluk hidup dari sederhana sampai yang kompleks merupakan bidang kajian dari Evolusi. 2) Kehidupan makhluk hidup pada masa lampau berdasarkan fosil-fosil merupakan bidang kajian dari Paleontologi. 3) Hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya merupakan bidang kajian dari Ekologi. 4) Perkembangan makhluk hidup dari embrio hingga dewasa merupakan bidang kajian dari Embriologi. 5) Proses pewarisan sifat pada makhluk hidup merupakan bidang kajian dari Genetika. 10. Jawaban: d 1) Anatomi mempelajari tentang struktur dalam tubuh manusia. 2) Fisiologi mempelajari tentang proses dan kegiatan yang terjadi di dalam tubuh manusia. 3) Taksonomi mempelajari tentang penggolongan makhluk hidup. 4) Organologi mempelajari tentang struktur dan fungsi organ-organ tubuh makhluk hidup. 5) Histologi mempelajari struktur dan fungsi jaringan tubuh makhluk hidup. B. Uraian 1. Biologi bersifat objektif artinya pernyataan dalam suatu ilmu pengetahuan harus bersifat jujur, yaitu menggambarkan kondisi apa adanya, mengandung data atau informasi yang sebenarnya, bebas dari prasangka, kesenjangan, atau kepentingan pribadi. Adapun Biologi bersifat verifikatif artinya kebenaran dalam sebuah ilmu bukanlah bersifat mutlak, tetapi bersifat terbuka atau verifikatif yang juga dikenal dengan kebenaran ilmiah. Dalam kebenaran ilmiah sesuatu yang semula dianggap benar suatu saat mungkin menjadi salah apabila ditemukan buktibukti baru yang menentang kebenaran sebelumnya. 2. Objek ruang lingkup Biologi berupa tingkat organisasi makhluk hidup, dari yang terkecil hingga yang terbesar. Tingkat organisasi tersebut meliputi molekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, individu, populasi, komunitas, ekosistem, bioma, dan biosfer. 3. Seorang dokter perlu mempelajari cabang-cabang biologi berikut. a. Fisiologi : cabang Biologi yang mempelajari tentang proses dan kegiatan yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup. b. Imunologi : cabang Biologi yang mempelajari sistem kekebalan tubuh. c. Patologi : cabang Biologi yang mempelajari tentang berbagai jenis penyakit. 4. Objek atau bidang kajian Biologi sangat luas yang meliputi tingkat organisasi kehidupan tingkat rendah hingga paling tinggi. Dengan luasnya objek atau bidang kajian tersebut tidak memungkinkan dipelajari seluruhnya oleh seorang ilmuwan. Oleh karena itu agar dapat dipelajari secara fokus perlu dipelajari per bidang kajian sehingga muncullah cabang-cabang ilmu dari Biologi. 5. Tiga contoh penerapan Biologi di bidang industri makanan sebagai berikut. a. Pembuatan keju dengan memanfaatkan bakteri Steroptococus dan Lactobacillus. b. Pembuatan susu fermentasi dan pengalengan makanan. c. Pemanfaatan Aspergillus niger dalam pembuatan kecap. A. Pilihan Ganda 1. Jawaban: c Langkah untuk memecahkan masalah menggunakan metode ilmiah sebagai berikut. 1) Merumuskan masalah 2) Mengumpulkan informasi 3) Pengajuan hipotesis 4) Melakukan eksperimen 5) Analisis data 6) Pengambilan kesimpulan 2. Jawaban: a Pengumpulan informasi bisa dalam bentuk studi literatur berupa teori, konsep, dan hasil penelitian yang sesuai dengan masalah yang diajukan. 4 Ruang Lingkup Biologi dan Kerja Ilmiah Sumber pengetahuan tersebut dapat digunakan untuk memperoleh jawaban sementara dari permasalahan yang diajukan. 3. Jawaban: b Salah satu sikap ilmiah yang harus dimiliki oleh peneliti adalah terbuka dan fleksibel, yaitu mau menerima masukan, saran, dan kritikan agar hasil penelitian menjadi lebih baik. 4. Jawaban: d Urutan tahapan metode ilmiah yang harus ditempuh siswa sebagai berikut. 1) Merumuskan massalah. 2) Mengumpulkan informasi. 3) Merumuskan hipotesis. 4) Melakukan percobaan. 5) Menarik kesimpulan. 5. Jawaban: a 1) Variabel: faktor-faktor yang berpengaruh dalam suatu eksperimen dan memiliki nilai yang dapat diubah-ubah. 2) Hipotesis: jawaban sementara dari permasalahan yang diajukan. 3) Metode ilmiah: suatu kegiatan penelitian objektif untuk menemukan, mengembangkan, dan menguji ilmu pengetahuan. 4) Perumusan masalah: batasan permasalahan yang akan dipecahkan. 5) Data eksperimen: data yang diperoleh dari hasil eksperimen. 6. Jawaban: c Variabel bebas yaitu variabel yang sengaja dibuat tidak sama dalam suatu eksperimen, yaitu lokasi yang berbeda. Adapun diameter dan panjang mahkota merupakan variabel terikat dari eksperimen tersebut. Variabel terikat yaitu variabel yang muncul karena perlakuan variabel bebas. Jenis bunga, tinggi batang, dan jumlah sampel tidak diteliti pada pengamatan tersebut. 7. Jawaban: b Dalam suatu laporan penelitian, sumber-sumber yang digunakan penulis sebagai acuan dalam menunjang penelitiannya ditulis/disajikan dalam daftar pustaka. Adapun teori dan konsep-konsep yang berkaitan dengan topik penelitian disajikan dalam bab tinjauan pustaka. Bab pendahuluan berisi latar belakang penelitian, perumusan masalah, hipotesis, dan tujuan penelitian. Metode penelitian berisi cara kerja penelitian serta alat dan bahan yang digunakan dalam penelitian. Hasil dan pembahasan berisi data yang diperoleh selama penelitian serta analisis penulis terhadap hasil penelitian. 8. Jawaban: e Data hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil panen yang signifikan antara tanaman kedelai yang diberi pupuk dibandingkan tanaman kedelai yang tidak diberi pupuk. Jadi, pililahan e salah. Adapun kesimpulan pada pilihan a, b, c, dan d benar. 9. Jawaban: d Fakta adalah suatu kenyataan yang disertai buktibukti ilmiah dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Adapun opini adalah suatu pendapat yang belum teruji kebenarannya melalui suatu penelitian. 1) Burung hantu dapat dimanfaatkan petani untuk mengendalikan hama tikus secara alami. Fakta: telah diaplikasikan oleh petani di Tegal, Jawa Tengah. 2) Nasi yang didiamkan seharian dalam majic jar kadar gulanya menjadi rendah sehingga baik untuk penderita diabetes. Opini, faktanya kandungan gulanya tidak berubah. 3) Massa benda di bulan dan di bumi sama besar. Fakta karena massa benda tidak dipengaruhi gravitasi. 4) Kebiasaan mandi pada malam hari dapat mengakibatkan penyakit rematik. Opini, faktanya rematik diakibatkan kebiasaan makan makanan yang tinggi purin sehingga memacu naiknya asam urat dalam darah. 5) Diet dan olahraga merupakan cara terbaik untuk menurunkan beran badan. Fakta karena telah dibuktikan di dunia olahraga. 10. Jawaban: e Variabel terikat adalah variabel yang muncul karena perlakuan variabel bebas. Adapun variabel bebas adalah variabel yang memengaruhi atau menjadi sebab berubahnya atau timbulnya variabel terikat. Dalam soal dijelaskan pemberian pupuk (variabel bebas) mengakibatkan rata-rata pertambahan tinggi tanaman menjadi 0,75 cm (variabel terikat). B. Uraian 1. a. Rumusan masalah: Bagaimanakah pengaruh pemberian air kelapa terhadap pertumbuhan tanaman jagung? Hipotesis: Pemberian air kelapa diduga dapat mempercepat pertumbuhan tanaman jagung. b. Variabel bebas: frekuensi penyiraman air kelapa. Variabel terikat: tinggi batang, diameter batang, jumlah daun, berat basah, dan berat kering tanaman. c. Kelompok kontrol: kelompok I. Kelompok perlakuan: kelompok II, III, IV, dan V. Biologi Kelas X 5 2. Sikap ilmiah yang harus dimiliki peneliti sebagai berikut. a. Mampu membedakan opini dan fakta. b. Memiliki rasa ingin tahu. c. Peduli terhadap lingkungan. d. Jujur terhadap fakta. e. Terbuka dan fleksibel. f. Berani mencoba. g. Berpendapat secara ilmiah dan kritis. h. Bekerja sama. i. Ulet dan gigih. j. Bertanggung jawab. 3. Setelah melakukan penelitian, para peneliti biasanya membuat laporan. Selanjutnya, laporan tersebut diterbitkan dalam bentuk jurnal ilmiah yang dipublikasikan, ditulis dalam bentuk buku, atau diseminarkan di depan media dan publik. Adapun untuk siswa SMA, laporan dapat dipublikasikan melalui majalah siswa yang terbit di sekolah, ditempelkan di majalah dinding, atau diseminarkan dengan mengundang siswa dari sekolah lain, bahkan dapat juga dikirimkan untuk lomba Penelitian Ilmiah Tingkat SMA. 4. Suci harus melakukan penelitian ilmiah dengan permasalahan: tanaman kemangi yang terkena sinar matahari dan tidak terkena sinar matahari mempunyai morfologi dan aroma bebeda. Suci dapat mengajukan hipotesis: sinar matahari berpengaruh terhadap morfologi dan aroma pada tanaman kemangi. Setelah melakukan studi pendahuluan, Suci dapat melakukan penelitian untuk menguji hipotesisnya. Suci dapat memulai penelitian dengan menyebar biji kemangi di dua tempat yang berbeda, satu tempat yang terlindung dari cahaya matahari dan satu tempat lainnya terkena matahari secara langsung. Dari hasil penelitiannya, Suci akan memperoleh hasil bahwa warna, ukuran, dan aroma daun kemangi dipengaruhi oleh sinar matahari. 5. Kebenaran bersifat verifikatif artinya kebenaran tidak mutlak. Dapat saja suatu ilmu yang saat ini diakui kebenarannya, suatu ketika menjadi salah manakala ditemukan bukti baru. Misalnya, teori Generatio Spontanea, menyatakan bahwa makhluk hidup berasal dari benda mati yang sudah diyakini kebenarannya, tetapi akhirnya teori itu digugurkan dengan teori Biogenesis yang menyatakan bahwa makhluk hidup berasal dari makhluk hidup juga. Akhirnya teori Biogenesis ini diyakini kebenarannya sampai sekarang. A. Pilihan Ganda 1. Jawaban: d Ciri biologi sebagai ilmu sebagai berikut. 1) Mempunyai objek kajian berupa benda konkret. 2) Dikembangkan berdasarkan pengalaman empiris. 3) Sistematis. 4) Menggunakan cara berpikir yang logis dan konsisten. 5) Hasil kajiannya bersifat objektif. 6) Teori yang dihasilkan berlaku umum. 2. Jawaban: b Fisiologi adalah ilmu yang mempelajari proses dan kegiatan yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup. Sitologi : mempelajari struktur dalam tubuh makhluk hidup. Anatomi : mempelajari struktur dalam tubuh makhluk hidup. Patologi : mempelajari perihal berbagai jenis penyakit. Embriologi : mempelajari perkembangan organisme dari telur sampai menjadi embrio. 3. Jawaban: c 1) Genetika mempelajari cara pewarisan sifat makhluk hidup pada keturunannya. 2) Anatomi mempelajari struktur dalam tubuh makhluk hidup. 3) Biologi molekuler mempelajari penyusun tubuh mahkluk hidup di tingkat molekuler. 4) Organologi mempelajari organ dan alat-alat tubuh makhluk hidup. 5) Botani mempelajari kehidupan tumbuhan dan peranannya bagi makhluk hidup. 4. Jawaban: b Gambar pada soal adalah sebuah jamur dari divisi Basidiomycotina. Cabang ilmu Biologi yang mempelajari tentang jamur adalah Mikologi. 1) Paleontologi mempelajari tentang fosil. 2) Evolusi mempelajari perkembangan makhluk hidup dari sederhana sampai yang kompleks. 3) Histologi mempelajari susunan dan fungsi jaringan tubuh makhluk hidup. 4) Fikologi mempelajari tentang ganggang. 6 Ruang Lingkup Biologi dan Kerja Ilmiah 5. Jawaban: e Sidik DNA (DNA finger print) merupakan salah satu aplikasi dari Bioteknologi. Bioteknologi itu sendiri berarti seperangkat teknik yang memanfaatkan organisme hidup atau bagian dari organisme hidup untuk menghasilkan atau memodifikasi produk. Sidik DNA adalah teknik untuk mengidentifikasi seseorang berdasarkan profil DNA-nya. Prosedur sidik DNA memiliki kesamaan dengan mencocokkan sidik jari seseorang dengan orang lain. Perbedaannya adalah proses ini dilakukan tidak menggunakan sidik jari, tetapi menggunakan DNA individu karena DNA setiap individu berbeda. 6. Jawaban: c Aplikasi bidang Mikologi contoh pada penemuan antibiotik yang dihasilkan oleh jamur Penicilium sp. Adapun penemuan vaksin dan serum merupakan aplikasi dari bidang Imunologi. Penemuan bibit unggul hasil persilangan merupakan aplikasi dari Genetika dan Bioteknologi. Pemberantasan hama secara biologis merupakan aplikasi dari Botani dan Zoologi. 7. Jawaban: a Bakteri merupakan mikroorganisme uniseluler yang terdiri atas satu sel, yaitu tubuhnya sendiri. Tingkatan organisasi yang dipelajari adalah tingkat sel. 8. Jawaban: c Untuk membuat bibit unggul tanaman yang tahan kekeringan maka seorang ilmuwan melakukannya dengan rekayasa genetika. Tingkat organisasi kehidupan yang dipelajari adalah tingkat molekul karena yang dimanipulasi adalah molekul DNA. 9. Jawaban: e Langkah-langkah metode ilmiah adalah mengidentifikasi masalah, perumusan masalah, pengumpulan informasi, pengajuan hipotesis, melakukan eksperimen, analisis data, pengambilan kesimpulan. Sebelum melakukan penelitian, seorang peneliti harus mengidentifikasi masalah. 10. Jawaban: c Hipotesis merupakan jawaban sementara dari permasalahan yang diajukan setelah mengumpulkan informasi dari referensi. Hipotesis bersifat teoritis sehingga harus diuji kebenarannya. Adapun observasi adalah cara pengumpulan informasi yang dapat digunakan untuk memperoleh jawaban permasalahan yang diajukan (hipotesis). 11. Jawaban: a Sawi putih menyebabkan kegemukan pada burung kenari merupakan hipotesis. Hipotesis merupakan jawaban sementara dari permasalahan yang diajukan. Hipotesis bersifat teoritis sehingga harus diuji kebenarannya dengan melakukan percobaan (eksperimen). 12. Jawaban: d Pernyataan pada soal merupakan langkah eksperimen dalam metode ilmiah dengan variabel bebasnya adalah pupuk. Di dalam suatu eksperimen peneliti harus melakukan perlakuan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Adapun variabel terikat dari percobaan tersebut adalah ukuran buah. 13. Jawaban: c Langkah-langkah metode ilmiah sebagai berikut. 1) Pemilihan masalah dan studi pendahuluan. 2) Perumusan masalah. 3) Pengumpulan informasi. 4) Pengajuan hipotesis. 5) Melakukan eksperimen. 6) Analisis data. 7) Pengambilan kesimpulan. 14. Jawaban: c Dari hasil pengamatan diketahui bahwa pemakaian pupuk pada kadar 2% dan 4% dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman. Kadar pupuk 4% merupakan kadar optimal yang dapat memacu pertumbuhan tanaman secara optimal. Namun, pemberian pupuk di atas kadar optimal justru akan menghambat pertumbuhan tanaman. Pemakaian pupuk dalam kadar tertentu dapat memacu pertumbuhan tanaman. Hal ini dibuktikan pemakaian pupuk pada kadar 2% dan 4% dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman, tetapi pada kadar 6%, 8%, dan 10% pertumbuhan tanaman justru mulai terhambat. 15. Jawaban: d Pemberian ekstrak daun brotowali dapat menurunkan kadar glukosa darah mencit jantan. Hal ini dapat dibuktikan pada pemberian ekstrak brotowali dengan kadar 0,03 mg/g berat badan, kadar glukosa darah mulai berkurang. Selanjutnya, semakin tinggi kadar ekstrak daun brotowali yang diberikan, kadar glukosa darah semakin berkurang. 16. Jawaban: a Variabel bebas adalah variabel yang sengaja dibuat tidak sama dalam suatu percobaan. Variabel terikat adalah variabel yang dipengaruhi oleh variabel bebas. Dalam penelitian konsentrasi larutan giberelin merupakan variabel bebas. Jumlah biji manggis yang berkecambah merupakan variabel terikat. Intensitas cahaya dan volume air merupakan variabel kontrol. Adapun pertumbuhan tanaman manggis dan jenis media perkecambahan tidak diteliti dalam penelitian tersebut. 17. Jawaban: c Perumusan masalah yang paling tepat dengan permasalahan tersebut adalah Bagaimana pengaruh pupuk urea terhadap pertumbuhan tanaman jagung? Biologi Kelas X 7 5) Penderita gagal ginjal dapat diatasi dengan cangkok ginjal. Pokok permasalahannya pada organ ginjal sehingga termasuk permasalahan Biologi pada tingkat organ. 22. Jawaban: e Pemanasan global adalah peristiwa naiknya suhu di atmosfer karena adanya efek rumah kaca. Peristiwa ini merupakan permasalahan biologi di tingkat biosfer karena mencakup seluruh lapisan kulit bumi, air, dan atmosfer tempat adanya kehidupan. 23. Jawaban: d Berkembangnya nyamuk merupakan permasalahan biologi di tingkat populasi di mana individu-individu sejenis berkumpul di satu tempat tertentu pada waktu yang sama. Adapun individu merupakan organisme uniseluler ataupun multiseluler. Komunitas adalah terdapatnya lebih dari satu macam populasi di suatu tempat. Ekosistem adalah saling keterkaitan, ketergantungan, dan hubungan timbal balik antarmakhluk hidup maupun makhluk hidup dengan lingkungannya. Bioma adalah kumpulan ekosistem yang ada di dunia. 24. Jawaban: a Tindakan mengubah data hasil penelitian agar sesuai dengan hipotesis merupakan tindakan yang curang. Tindakan ini tidak sesuai dengan sikap ilmiah objektif dan jujur. Tindakan Candra yang benar adalah mengulang percobaannya atau meninjau kembali hipotesisnya. 25. Jawaban: e Cekaman air pada tanaman terjadi karena ketersediaan air pada media tidak cukup. Cekaman air akan mengganggu aktivitas fisiologis maupun morfologis sehingga mengakibatkan terhentinya pertumbuhan. Oleh karena itu, semakin tinggi tingkat cekaman air maka pertumbuhan tanaman akan semakin terganggu dan terhambat. 26. Jawaban: b Variabel bebas adalah variabel yang memengaruhi variabel terikat, dalam eksperimen variabel ini dibuat berbeda. Dari judul di atas, variabel bebasnya adalah pengaruh konsentrasi pupuk. Adapun variabel terikatnya adalah pertumbuhan tanaman jagung seperti panjang tanaman dan berat tanaman. Variabel kontrolnya berupa cahaya matahari dan jumlah tanah dalam pot. 27. Jawaban: d Hipotesis merupakan jawaban sementara dari permasalahan yang diajukan. Rumusan masalah dari penelitian tersebut yaitu ”Bagaimanakah pengaruh ekstrak daun talok terhadap pertumbuhan dan perkembangan janin mencit?” Rumusan masalah ini didasarkan pada literatur bahwa daun 18. Jawaban: e Pernyataan tersebut merupakan langkah pengumpulan informasi berdasarkan observasi penelitian. Hipotesis yang benar untuk pernyataan tersebut adalah pembusukan plastik memerlukan waktu yang lama. 19. Jawaban: a Kultur jaringan merupakan teknik perbanyakan tumbuhan yang memanfaatkan sifat totipotensi tumbuhan. 1) Genetika mempelajari cara pewarisan sifat makhluk hidup pada keturunannya. 2) Bioteknologi mempelajari tentang perkembangan teknologi biologi. 3) Anatomi mempelajari struktur dalam tubuh makhluk hidup. 4) Fisiologi mempelajari proses dan kegiatan yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup. 5) Morfologi mempelajari susunan dan bentuk luar makhluk hidup. 6) Zoologi mempelajari hewan dan kehidupannya. 7) Histologi mempelajari susunan dan fungsi jaringan tubuh makhluk hidup. 20. Jawaban: a Embriologi adalah ilmu yang mempelajari perkembangan organisme dari telur sampai menjadi embrio seperti perkembangan zigot dalam kandungan. Adapun pertumbuhan balita dipelajari dalam Organologi. Menurunnya sifat orang tua dipelajari dalam Genetika. Susunan alat-alat tubuh dipelajari dalam Anatomi dan Morfologi. Transplantasi organ dipelajari dalam Bioteknologi dan Organologi. 21. Jawaban: c 1) Diabetes dapat terjadi akibat gagalnya pankreas memproduksi insulin. Pokok permasalahannya pada organ pankreas sehingga termasuk permasalahan Biologi pada tingkat organ. 2) Tomcat dimanfaatkan sebagai pengendali alami terhadap wereng cokelat. Dalam hal ini terjadi hubungan antara populasi tomcat dengan populasi wereng cokelat sehingga termasuk permasalahan Biologi pada tingkat komunitas. 3) Makanan yang mengandung kolesterol tinggi harus dihindari. Kolesterol merupakan molekul biokimia yang penting bagi pembentukan hormon seks serta pertumbuhan otak dan saraf. Namun demikian, makanan berkolesterol tinggi harus dihindari. Kolesterol dipelajari pada tingkat molekul. 4) Kultur jaringan tumbuhan memanfaatkan sifat totipotensi tumbuhan. Pokok permasalahan sifat totipotensi dari jaringan tumbuhan sehingga termasuk permasalahan Biologi pada tingkat jaringan. 8 Ruang Lingkup Biologi dan Kerja Ilmiah talok mengandung metabolit sekunder yang dapat mengakibatkan cacat pada janin atau bayi. Adapun hipotesis dari rumusan masalah tersebut yaitu ”Ekstrak daun talok diduga dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan janin mencit”. 28. Jawaban: a Untuk pengambilan data penelitian digunakan cara atau metode pengambilan data. Jenis metode pengambilan data yang bisa dilakukan meliputi metode survei, studi kasus, eksperimen, dan metode demonstrasi. Metode survei dilakukan dengan menyebarkan angket yang berisi beberapa pertanyaan. 29. Jawaban: a Bentuk penyajian data seperti pada soal adalah diagram batang. Diagram ini berbentuk seperti batang. Jenis data yang disajikan dalam bentuk diagram batang adalah data kuantitatif, yaitu data yang dapat dinyatakan dalam bentuk angka. 30. Jawaban: c 1) Tinjauan pustaka, berisi teori, konsep, fakta, dan penelitian sebelumnya yang berkaitan dengan topik penelitian. 2) Pendahuluan, berisi latar belakang masalah, perumusan masalah, hipotesis, dan tujuan penelitian. 3) Daftar pustaka, berisi sumber-sumber yang digunakan penulis sebagai acuan dalam menunjang penelitian. 4) Metode penelitian, berisi cara kerja penelitian serta alat dan bahan yang digunakan dalam melaksanakan penelitian. 5) Hasil dan pembahasan, berisi data dan fakta yang diperoleh selama penelitian. B. Uraian 1. Dalam mengolah lahannya, tanpa disadari petani jamur telah menerapkan cabang-cabang Biologi antara lain: Mikologi, Fisiologi, dan Taksonomi. Mikologi mempelajari kehidupan jamur dan peranannya bagi makhluk hidup, digunakan untuk mengetahui karakteristik jamur serta manfaatnya. Mikrobiologi digunakan dalam teknik pembuatan media. Fisiologi digunakan untuk mengetahui kebutuhan nutrisi atau hara yang diperlukan jamur. 2. Ciri-ciri Biologi sebagai ilmu sebagai berikut. a. Mempunyai objek kajian berupa benda konkret. b. Dikembangkan berdasarkan pengalaman empiris. c. Sistematis. d. Menggunakan cara berpikir logis dan konsisten. e. Hasil kajiannya bersifat objektif. f. Teori yang dihasilkan bersifat berlaku umum. 3. Sebelum melakukan penelitian, seorang peneliti hendaknya melakukan beberapa persiapan terlebih dahulu. Persiapan tersebut antara lain pemilihan masalah dan studi pendahuluan, merumuskan masalah, mengumpulkan informasi, mengajukan hipotesis, memilih pendekatan, menentukan variabel dan sumber data, serta menentukan dan menyusun instrumen penelitian. Setelah persiapan selesai kemudian melakukan penelitian. 4. Salah satu contoh penyalahgunaan ilmu biologi yang dapat mengakibatkan tatanan lingkungan menjadi rusak adalah penggunaan senjata biologis sebagai senjata pemusnah dalam peperangan. Senjata biologis merupakan mikrobia patogen yang sengaja diperbanyak dan selanjutnya dilepaskan ke daerah musuh. Dengan demikian, pasukan musuh akan sakit dan bahkan mengakibatkan kematian. 5. Untuk mengatasi penyakit akibat gigitan serangga tomcat, kita memerlukan cabang Biologi yang mempelajari tentang serangga, yaitu Entomologi. Selain itu, kita juga memerlukan cabang Biologi lain seperti Imunologi yang mempelajari tentang kekebalan tubuh sehingga dapat menciptakan serum untuk mengatasi infeksi racun serangga tersebut. 6. Biologi dikatakan sebagai pure science (ilmu murni) karena biologi sangat berperan dalam pengembangan ilmu terapan (applied science). Jadi, tidak mungkin seorang dapat menguasai suatu ilmu terapan seperti ilmu kedokteran, ilmu pertanian, dan farmasi tanpa menguasai ilmu Biologi. 7. Hipotesis adalah jawaban sementara dari permasalahan yang diajukan. Hipotesis bersifat teoritis sehingga harus diuji kebenarannya. Hipotesis dikatakan sebagai hipotesis nol apabila hasil analisis penelitian tersebut bertolak belakang dengan hipotesis yang diajukan sehingga hipotesis tersebut salah. 8. a. Variabel bebas: persentase tepung keong mas. Variabel terikat: berat telur, berat kuning telur, berat putih telur, warna kuning telur, dan berat cangkang telur. Variabel kontrol: usia itik dan berat badan itik 2 kg. b. Perumusan masalah: Bagaimanakah pengaruh penambahan tepung keong mas pada ransum terhadap kualitas telur itik? Hipotesis: Penambahan tepung keong mas pada ransum diduga dapat meningkatkan kualitas telur itik. 9. a. Rumusan masalah: bagaimanakah pengaruh pemberian tanaman eceng gondok terhadap kadar logam-logam berat pada limbah cair? Hipotesis: tanaman eceng gondok diduga dapat menurunkan kadar logam-logam berat pada limbah cair.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
sr7themes.eu.org
Materi PKBM Gratis

Dapatkan materi pembelajaran PKBM secara gratis. Klik tautan di bawah untuk akses penuh.