Biologi
1. Jawaban: c
Floem adalah jaringan pengangkut pada tumbuhan
yang berfungsi mengangkut hasil fotosintesis dari
daun ke seluruh tubuh tumbuhan. Adapun sel
adalah satuan unit terkecil kehidupan. Organ
merupakan struktur yang terbentuk dari beberapa
jaringan yang bekerja sama untuk melakukan
fungsi tertentu. Sistem organ adalah kumpulan dari
beberapa organ yang melakukan fungsi tertentu.
Individu terbentuk dari sistem-sistem organ yang
bekerja sama dalam satu kesatuan.
2. Jawaban: d
1) Bioteknologi mengkaji tentang teknologi untuk
memproduksi barang dan jasa dengan
memanfaatkan makhluk hidup.
2) Ekologi mengkaji tentang hubungan timbal balik
antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
3) Ekofisiologi mengkaji tentang hubungan
antara lingkungan dengan proses dan kegiatan
yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup.
4) Ekotoksikologi mengkaji tentang pencemaran
lingkungan oleh toksin atau racun.
5) Parasitologi mengkaji tentang kehidupan
parasit dan pengaruhnya bagi makhluk hidup.
3. Jawaban: a
Teknik poliploidisasi pada tanaman bertujuan
menghasilkan tanaman pangan unggul dengan
produktivitas tinggi. Contoh tanaman poliploidisasi
adalah semangka tanpa biji. Mutagen yang paling
sering digunakan dalam teknik poliploidisasi adalah
kolkisin, yaitu sejenis alkaloid yang dihasilkan oleh
umbi Colchicum autumnale. Kolkisin bersifat
menghambat pembentukan benang-benang
spindel dari mikrotubulus pada tahap anafase
pembelahan mitosis atau meiosis. Akibatnya,
gerakan kromatid ke kutub-kutub sel terhambat
sehingga terbentuklah poliploidi. Peristiwa tersebut
dapat dipelajari melalui cabang ilmu Biologi, yaitu
Biokimia dan Genetika. Biokimia merupakan
cabang ilmu Biologi yang mengkaji proses-proses
kimiawi dalam sistem kehidupan. Adapun Genetika
merupakan cabang ilmu Biologi yang mengkaji cara
pewarisan sifat pada makhluk hidup.
4. Jawaban: a
Pembuatan antibiotik penisilin melibatkan peran
Penicillium notatum yaitu jenis jamur dari golongan
Ascomycotina. Cabang Biologi yang mempelajari
tentang jamur adalah Mikologi. Adapun teknologi yang
digunakan untuk membuat antibiotik penisilin dipelajari
dalam Bioteknologi. Entomologi mempelajari tentang
serangga. Parasitologi mempelajari tentang parasit.
Bakteriologi mempelajari tentang bakteri. Mikrobiologi
mempelajari tentang mikroba. Biologi Molekuler
mempelajari tentang penyusun tubuh makhluk hidup
di tingkat seluler.
5. Jawaban: b
1) Paleontologi : cabang Biologi yang mempelajari
kehidupan makhluk
hidup pada masa lampau
dilihat dari fosil-fosil.
2) Zoologi : cabang Biologi yang mempelajari
hewan dan kehidupannya.
3) Botani : cabang Biologi yang mempelajari
kehidupan tumbuhan
dan peranannya bagi makhluk
hidup.
4) Genetika : cabang Biologi yang mempelajari
cara pewarisan sifat
makhluk hidup kepada keturunannya.
6. Jawaban: c
Belalang termasuk salah satu jenis serangga
(Insecta) dari ordo Orthoptera. Ciri utama ordo ini
yaitu memiliki tipe mulut menggigit dan kaki paling
belakang membesar. Dengan demikian, kegiatan
yang dilakukan Fatimah berkaitan dengan
Entomologi yaitu cabang Biologi yang mempelajari
serangga. Adapun Parasitologi mempelajari
penyakit dan penyebarannya, Hematologi
mempelajari tentang darah, Sitologi mempelajari
tentang sel, dan Virologi mempelajari tentang virus.
7. Jawaban: c
Biologi Kelas X 3
8. Jawaban: d
Teknik kultur jaringan merupakan suatu teknik untuk
mengisolasi bagian tanaman (kelompok sel dan
jaringan) serta menumbuhkannya dalam kondisi
aseptik sehingga bagian-bagian tersebut dapat
memperbanyak diri dan beregenerasi menjadi
tanaman lengkap kembali. Teknik ini bertujuan
memperbanyak tanaman secara vegetatif dengan
sifat sama (seragam). Menciptakan tanaman tahan
hama dan penyakit, tanaman berproduktivitas tinggi,
serta tanaman transgenik merupakan peranan dari
rekayasa genetika karena menghasilkan sifat-sifat
baru yang berbeda dari induknya.
9. Jawaban: a
1) Perkembangan makhluk hidup dari sederhana
sampai yang kompleks merupakan
bidang kajian dari Evolusi.
2) Kehidupan makhluk hidup pada masa lampau
berdasarkan fosil-fosil merupakan bidang
kajian dari Paleontologi.
3) Hubungan timbal balik antara makhluk hidup
dengan lingkungannya merupakan bidang
kajian dari Ekologi.
4) Perkembangan makhluk hidup dari embrio
hingga dewasa merupakan bidang kajian dari
Embriologi.
5) Proses pewarisan sifat pada makhluk hidup
merupakan bidang kajian dari Genetika.
10. Jawaban: d
1) Anatomi mempelajari tentang struktur dalam
tubuh manusia.
2) Fisiologi mempelajari tentang proses dan
kegiatan yang terjadi di dalam tubuh manusia.
3) Taksonomi mempelajari tentang penggolongan
makhluk hidup.
4) Organologi mempelajari tentang struktur dan
fungsi organ-organ tubuh makhluk hidup.
5) Histologi mempelajari struktur dan fungsi
jaringan tubuh makhluk hidup.
B. Uraian
1. Biologi bersifat objektif artinya pernyataan dalam
suatu ilmu pengetahuan harus bersifat jujur, yaitu
menggambarkan kondisi apa adanya, mengandung
data atau informasi yang sebenarnya, bebas dari
prasangka, kesenjangan, atau kepentingan pribadi.
Adapun Biologi bersifat verifikatif artinya kebenaran
dalam sebuah ilmu bukanlah bersifat mutlak, tetapi
bersifat terbuka atau verifikatif yang juga dikenal
dengan kebenaran ilmiah. Dalam kebenaran ilmiah
sesuatu yang semula dianggap benar suatu saat
mungkin menjadi salah apabila ditemukan buktibukti
baru yang menentang kebenaran sebelumnya.
2. Objek ruang lingkup Biologi berupa tingkat
organisasi makhluk hidup, dari yang terkecil hingga
yang terbesar. Tingkat organisasi tersebut meliputi
molekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, individu,
populasi, komunitas, ekosistem, bioma, dan biosfer.
3. Seorang dokter perlu mempelajari cabang-cabang
biologi berikut.
a. Fisiologi : cabang Biologi yang mempelajari
tentang proses dan kegiatan
yang terjadi di dalam tubuh
makhluk hidup.
b. Imunologi : cabang Biologi yang mempelajari
sistem kekebalan tubuh.
c. Patologi : cabang Biologi yang mempelajari
tentang berbagai jenis penyakit.
4. Objek atau bidang kajian Biologi sangat luas yang
meliputi tingkat organisasi kehidupan tingkat
rendah hingga paling tinggi. Dengan luasnya objek
atau bidang kajian tersebut tidak memungkinkan
dipelajari seluruhnya oleh seorang ilmuwan. Oleh
karena itu agar dapat dipelajari secara fokus perlu
dipelajari per bidang kajian sehingga muncullah
cabang-cabang ilmu dari Biologi.
5. Tiga contoh penerapan Biologi di bidang industri
makanan sebagai berikut.
a. Pembuatan keju dengan memanfaatkan
bakteri Steroptococus dan Lactobacillus.
b. Pembuatan susu fermentasi dan pengalengan
makanan.
c. Pemanfaatan Aspergillus niger dalam
pembuatan kecap.
A. Pilihan Ganda
1. Jawaban: c
Langkah untuk memecahkan masalah menggunakan
metode ilmiah sebagai berikut.
1) Merumuskan masalah
2) Mengumpulkan informasi
3) Pengajuan hipotesis
4) Melakukan eksperimen
5) Analisis data
6) Pengambilan kesimpulan
2. Jawaban: a
Pengumpulan informasi bisa dalam bentuk studi
literatur berupa teori, konsep, dan hasil penelitian
yang sesuai dengan masalah yang diajukan.
4 Ruang Lingkup Biologi dan Kerja Ilmiah
Sumber pengetahuan tersebut dapat digunakan
untuk memperoleh jawaban sementara dari
permasalahan yang diajukan.
3. Jawaban: b
Salah satu sikap ilmiah yang harus dimiliki oleh
peneliti adalah terbuka dan fleksibel, yaitu mau
menerima masukan, saran, dan kritikan agar hasil
penelitian menjadi lebih baik.
4. Jawaban: d
Urutan tahapan metode ilmiah yang harus ditempuh
siswa sebagai berikut.
1) Merumuskan massalah.
2) Mengumpulkan informasi.
3) Merumuskan hipotesis.
4) Melakukan percobaan.
5) Menarik kesimpulan.
5. Jawaban: a
1) Variabel: faktor-faktor yang berpengaruh dalam
suatu eksperimen dan memiliki nilai yang
dapat diubah-ubah.
2) Hipotesis: jawaban sementara dari permasalahan
yang diajukan.
3) Metode ilmiah: suatu kegiatan penelitian
objektif untuk menemukan, mengembangkan,
dan menguji ilmu pengetahuan.
4) Perumusan masalah: batasan permasalahan
yang akan dipecahkan.
5) Data eksperimen: data yang diperoleh dari
hasil eksperimen.
6. Jawaban: c
Variabel bebas yaitu variabel yang sengaja dibuat
tidak sama dalam suatu eksperimen, yaitu lokasi
yang berbeda. Adapun diameter dan panjang
mahkota merupakan variabel terikat dari
eksperimen tersebut. Variabel terikat yaitu variabel
yang muncul karena perlakuan variabel bebas.
Jenis bunga, tinggi batang, dan jumlah sampel
tidak diteliti pada pengamatan tersebut.
7. Jawaban: b
Dalam suatu laporan penelitian, sumber-sumber
yang digunakan penulis sebagai acuan dalam
menunjang penelitiannya ditulis/disajikan dalam
daftar pustaka. Adapun teori dan konsep-konsep
yang berkaitan dengan topik penelitian disajikan
dalam bab tinjauan pustaka. Bab pendahuluan
berisi latar belakang penelitian, perumusan
masalah, hipotesis, dan tujuan penelitian. Metode
penelitian berisi cara kerja penelitian serta alat dan
bahan yang digunakan dalam penelitian. Hasil dan
pembahasan berisi data yang diperoleh selama
penelitian serta analisis penulis terhadap hasil
penelitian.
8. Jawaban: e
Data hasil penelitian menunjukkan bahwa ada
perbedaan hasil panen yang signifikan antara
tanaman kedelai yang diberi pupuk dibandingkan
tanaman kedelai yang tidak diberi pupuk. Jadi,
pililahan e salah. Adapun kesimpulan pada pilihan
a, b, c, dan d benar.
9. Jawaban: d
Fakta adalah suatu kenyataan yang disertai buktibukti
ilmiah dan dapat dipertanggungjawabkan
kebenarannya. Adapun opini adalah suatu pendapat
yang belum teruji kebenarannya melalui suatu
penelitian.
1) Burung hantu dapat dimanfaatkan petani untuk
mengendalikan hama tikus secara alami.
Fakta: telah diaplikasikan oleh petani di Tegal,
Jawa Tengah.
2) Nasi yang didiamkan seharian dalam majic
jar kadar gulanya menjadi rendah sehingga
baik untuk penderita diabetes. Opini, faktanya
kandungan gulanya tidak berubah.
3) Massa benda di bulan dan di bumi sama
besar. Fakta karena massa benda tidak
dipengaruhi gravitasi.
4) Kebiasaan mandi pada malam hari dapat
mengakibatkan penyakit rematik. Opini,
faktanya rematik diakibatkan kebiasaan
makan makanan yang tinggi purin sehingga
memacu naiknya asam urat dalam darah.
5) Diet dan olahraga merupakan cara terbaik
untuk menurunkan beran badan. Fakta karena
telah dibuktikan di dunia olahraga.
10. Jawaban: e
Variabel terikat adalah variabel yang muncul karena
perlakuan variabel bebas. Adapun variabel bebas
adalah variabel yang memengaruhi atau menjadi
sebab berubahnya atau timbulnya variabel terikat.
Dalam soal dijelaskan pemberian pupuk (variabel
bebas) mengakibatkan rata-rata pertambahan
tinggi tanaman menjadi 0,75 cm (variabel terikat).
B. Uraian
1. a. Rumusan masalah: Bagaimanakah pengaruh
pemberian air kelapa terhadap pertumbuhan
tanaman jagung?
Hipotesis: Pemberian air kelapa diduga dapat
mempercepat pertumbuhan tanaman jagung.
b. Variabel bebas: frekuensi penyiraman air
kelapa.
Variabel terikat: tinggi batang, diameter
batang, jumlah daun, berat basah, dan berat
kering tanaman.
c. Kelompok kontrol: kelompok I.
Kelompok perlakuan: kelompok II, III, IV, dan
V.
Biologi Kelas X 5
2. Sikap ilmiah yang harus dimiliki peneliti sebagai
berikut.
a. Mampu membedakan opini dan fakta.
b. Memiliki rasa ingin tahu.
c. Peduli terhadap lingkungan.
d. Jujur terhadap fakta.
e. Terbuka dan fleksibel.
f. Berani mencoba.
g. Berpendapat secara ilmiah dan kritis.
h. Bekerja sama.
i. Ulet dan gigih.
j. Bertanggung jawab.
3. Setelah melakukan penelitian, para peneliti
biasanya membuat laporan. Selanjutnya, laporan
tersebut diterbitkan dalam bentuk jurnal ilmiah yang
dipublikasikan, ditulis dalam bentuk buku, atau
diseminarkan di depan media dan publik. Adapun
untuk siswa SMA, laporan dapat dipublikasikan
melalui majalah siswa yang terbit di sekolah,
ditempelkan di majalah dinding, atau diseminarkan
dengan mengundang siswa dari sekolah lain,
bahkan dapat juga dikirimkan untuk lomba
Penelitian Ilmiah Tingkat SMA.
4. Suci harus melakukan penelitian ilmiah dengan
permasalahan: tanaman kemangi yang terkena
sinar matahari dan tidak terkena sinar matahari
mempunyai morfologi dan aroma bebeda. Suci
dapat mengajukan hipotesis: sinar matahari
berpengaruh terhadap morfologi dan aroma pada
tanaman kemangi. Setelah melakukan studi
pendahuluan, Suci dapat melakukan penelitian
untuk menguji hipotesisnya. Suci dapat memulai
penelitian dengan menyebar biji kemangi di dua
tempat yang berbeda, satu tempat yang terlindung
dari cahaya matahari dan satu tempat lainnya
terkena matahari secara langsung. Dari hasil
penelitiannya, Suci akan memperoleh hasil bahwa
warna, ukuran, dan aroma daun kemangi
dipengaruhi oleh sinar matahari.
5. Kebenaran bersifat verifikatif artinya kebenaran
tidak mutlak. Dapat saja suatu ilmu yang saat ini
diakui kebenarannya, suatu ketika menjadi salah
manakala ditemukan bukti baru. Misalnya, teori
Generatio Spontanea, menyatakan bahwa makhluk
hidup berasal dari benda mati yang sudah diyakini
kebenarannya, tetapi akhirnya teori itu digugurkan
dengan teori Biogenesis yang menyatakan bahwa
makhluk hidup berasal dari makhluk hidup juga.
Akhirnya teori Biogenesis ini diyakini kebenarannya
sampai sekarang.
A. Pilihan Ganda
1. Jawaban: d
Ciri biologi sebagai ilmu sebagai berikut.
1) Mempunyai objek kajian berupa benda
konkret.
2) Dikembangkan berdasarkan pengalaman
empiris.
3) Sistematis.
4) Menggunakan cara berpikir yang logis dan
konsisten.
5) Hasil kajiannya bersifat objektif.
6) Teori yang dihasilkan berlaku umum.
2. Jawaban: b
Fisiologi adalah ilmu yang mempelajari proses dan
kegiatan yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup.
Sitologi : mempelajari struktur dalam tubuh
makhluk hidup.
Anatomi : mempelajari struktur dalam tubuh
makhluk hidup.
Patologi : mempelajari perihal berbagai jenis
penyakit.
Embriologi : mempelajari perkembangan organisme
dari telur sampai menjadi embrio.
3. Jawaban: c
1) Genetika mempelajari cara pewarisan sifat
makhluk hidup pada keturunannya.
2) Anatomi mempelajari struktur dalam tubuh
makhluk hidup.
3) Biologi molekuler mempelajari penyusun tubuh
mahkluk hidup di tingkat molekuler.
4) Organologi mempelajari organ dan alat-alat
tubuh makhluk hidup.
5) Botani mempelajari kehidupan tumbuhan dan
peranannya bagi makhluk hidup.
4. Jawaban: b
Gambar pada soal adalah sebuah jamur dari divisi
Basidiomycotina. Cabang ilmu Biologi yang
mempelajari tentang jamur adalah Mikologi.
1) Paleontologi mempelajari tentang fosil.
2) Evolusi mempelajari perkembangan makhluk
hidup dari sederhana sampai yang kompleks.
3) Histologi mempelajari susunan dan fungsi
jaringan tubuh makhluk hidup.
4) Fikologi mempelajari tentang ganggang.
6 Ruang Lingkup Biologi dan Kerja Ilmiah
5. Jawaban: e
Sidik DNA (DNA finger print) merupakan salah satu
aplikasi dari Bioteknologi. Bioteknologi itu sendiri
berarti seperangkat teknik yang memanfaatkan
organisme hidup atau bagian dari organisme hidup
untuk menghasilkan atau memodifikasi produk.
Sidik DNA adalah teknik untuk mengidentifikasi
seseorang berdasarkan profil DNA-nya. Prosedur
sidik DNA memiliki kesamaan dengan mencocokkan
sidik jari seseorang dengan orang lain.
Perbedaannya adalah proses ini dilakukan tidak
menggunakan sidik jari, tetapi menggunakan DNA
individu karena DNA setiap individu berbeda.
6. Jawaban: c
Aplikasi bidang Mikologi contoh pada penemuan
antibiotik yang dihasilkan oleh jamur Penicilium sp.
Adapun penemuan vaksin dan serum merupakan
aplikasi dari bidang Imunologi. Penemuan bibit unggul
hasil persilangan merupakan aplikasi dari Genetika
dan Bioteknologi. Pemberantasan hama secara
biologis merupakan aplikasi dari Botani dan Zoologi.
7. Jawaban: a
Bakteri merupakan mikroorganisme uniseluler yang
terdiri atas satu sel, yaitu tubuhnya sendiri. Tingkatan
organisasi yang dipelajari adalah tingkat sel.
8. Jawaban: c
Untuk membuat bibit unggul tanaman yang tahan
kekeringan maka seorang ilmuwan melakukannya
dengan rekayasa genetika. Tingkat organisasi
kehidupan yang dipelajari adalah tingkat molekul
karena yang dimanipulasi adalah molekul DNA.
9. Jawaban: e
Langkah-langkah metode ilmiah adalah mengidentifikasi
masalah, perumusan masalah, pengumpulan
informasi, pengajuan hipotesis, melakukan eksperimen,
analisis data, pengambilan kesimpulan. Sebelum
melakukan penelitian, seorang peneliti harus
mengidentifikasi masalah.
10. Jawaban: c
Hipotesis merupakan jawaban sementara dari
permasalahan yang diajukan setelah mengumpulkan
informasi dari referensi. Hipotesis bersifat
teoritis sehingga harus diuji kebenarannya. Adapun
observasi adalah cara pengumpulan informasi yang
dapat digunakan untuk memperoleh jawaban
permasalahan yang diajukan (hipotesis).
11. Jawaban: a
Sawi putih menyebabkan kegemukan pada burung
kenari merupakan hipotesis. Hipotesis merupakan
jawaban sementara dari permasalahan yang
diajukan. Hipotesis bersifat teoritis sehingga harus
diuji kebenarannya dengan melakukan percobaan
(eksperimen).
12. Jawaban: d
Pernyataan pada soal merupakan langkah
eksperimen dalam metode ilmiah dengan variabel
bebasnya adalah pupuk. Di dalam suatu
eksperimen peneliti harus melakukan perlakuan
untuk mengetahui pengaruh variabel bebas
terhadap variabel terikat. Adapun variabel terikat
dari percobaan tersebut adalah ukuran buah.
13. Jawaban: c
Langkah-langkah metode ilmiah sebagai berikut.
1) Pemilihan masalah dan studi pendahuluan.
2) Perumusan masalah.
3) Pengumpulan informasi.
4) Pengajuan hipotesis.
5) Melakukan eksperimen.
6) Analisis data.
7) Pengambilan kesimpulan.
14. Jawaban: c
Dari hasil pengamatan diketahui bahwa pemakaian
pupuk pada kadar 2% dan 4% dapat meningkatkan
pertumbuhan tanaman. Kadar pupuk 4% merupakan
kadar optimal yang dapat memacu pertumbuhan
tanaman secara optimal. Namun, pemberian pupuk
di atas kadar optimal justru akan menghambat
pertumbuhan tanaman. Pemakaian pupuk dalam
kadar tertentu dapat memacu pertumbuhan
tanaman. Hal ini dibuktikan pemakaian pupuk pada
kadar 2% dan 4% dapat meningkatkan pertumbuhan
tanaman, tetapi pada kadar 6%, 8%, dan 10%
pertumbuhan tanaman justru mulai terhambat.
15. Jawaban: d
Pemberian ekstrak daun brotowali dapat
menurunkan kadar glukosa darah mencit jantan.
Hal ini dapat dibuktikan pada pemberian ekstrak
brotowali dengan kadar 0,03 mg/g berat badan,
kadar glukosa darah mulai berkurang. Selanjutnya,
semakin tinggi kadar ekstrak daun brotowali yang
diberikan, kadar glukosa darah semakin berkurang.
16. Jawaban: a
Variabel bebas adalah variabel yang sengaja dibuat
tidak sama dalam suatu percobaan. Variabel terikat
adalah variabel yang dipengaruhi oleh variabel
bebas. Dalam penelitian konsentrasi larutan
giberelin merupakan variabel bebas. Jumlah biji
manggis yang berkecambah merupakan variabel
terikat. Intensitas cahaya dan volume air merupakan
variabel kontrol. Adapun pertumbuhan tanaman
manggis dan jenis media perkecambahan tidak
diteliti dalam penelitian tersebut.
17. Jawaban: c
Perumusan masalah yang paling tepat dengan permasalahan
tersebut adalah Bagaimana pengaruh
pupuk urea terhadap pertumbuhan tanaman jagung?
Biologi Kelas X 7
5) Penderita gagal ginjal dapat diatasi dengan
cangkok ginjal. Pokok permasalahannya pada
organ ginjal sehingga termasuk permasalahan
Biologi pada tingkat organ.
22. Jawaban: e
Pemanasan global adalah peristiwa naiknya suhu
di atmosfer karena adanya efek rumah kaca.
Peristiwa ini merupakan permasalahan biologi di
tingkat biosfer karena mencakup seluruh lapisan
kulit bumi, air, dan atmosfer tempat adanya kehidupan.
23. Jawaban: d
Berkembangnya nyamuk merupakan permasalahan
biologi di tingkat populasi di mana individu-individu
sejenis berkumpul di satu tempat tertentu pada
waktu yang sama. Adapun individu merupakan
organisme uniseluler ataupun multiseluler.
Komunitas adalah terdapatnya lebih dari satu
macam populasi di suatu tempat. Ekosistem adalah
saling keterkaitan, ketergantungan, dan hubungan
timbal balik antarmakhluk hidup maupun makhluk
hidup dengan lingkungannya. Bioma adalah
kumpulan ekosistem yang ada di dunia.
24. Jawaban: a
Tindakan mengubah data hasil penelitian agar
sesuai dengan hipotesis merupakan tindakan yang
curang. Tindakan ini tidak sesuai dengan sikap
ilmiah objektif dan jujur. Tindakan Candra yang
benar adalah mengulang percobaannya atau
meninjau kembali hipotesisnya.
25. Jawaban: e
Cekaman air pada tanaman terjadi karena
ketersediaan air pada media tidak cukup. Cekaman
air akan mengganggu aktivitas fisiologis maupun
morfologis sehingga mengakibatkan terhentinya
pertumbuhan. Oleh karena itu, semakin tinggi
tingkat cekaman air maka pertumbuhan tanaman
akan semakin terganggu dan terhambat.
26. Jawaban: b
Variabel bebas adalah variabel yang memengaruhi
variabel terikat, dalam eksperimen variabel ini
dibuat berbeda. Dari judul di atas, variabel
bebasnya adalah pengaruh konsentrasi pupuk.
Adapun variabel terikatnya adalah pertumbuhan
tanaman jagung seperti panjang tanaman dan berat
tanaman. Variabel kontrolnya berupa cahaya
matahari dan jumlah tanah dalam pot.
27. Jawaban: d
Hipotesis merupakan jawaban sementara dari
permasalahan yang diajukan. Rumusan masalah
dari penelitian tersebut yaitu ”Bagaimanakah
pengaruh ekstrak daun talok terhadap pertumbuhan
dan perkembangan janin mencit?” Rumusan
masalah ini didasarkan pada literatur bahwa daun
18. Jawaban: e
Pernyataan tersebut merupakan langkah pengumpulan
informasi berdasarkan observasi penelitian. Hipotesis
yang benar untuk pernyataan tersebut adalah
pembusukan plastik memerlukan waktu yang lama.
19. Jawaban: a
Kultur jaringan merupakan teknik perbanyakan tumbuhan
yang memanfaatkan sifat totipotensi tumbuhan.
1) Genetika mempelajari cara pewarisan sifat
makhluk hidup pada keturunannya.
2) Bioteknologi mempelajari tentang perkembangan
teknologi biologi.
3) Anatomi mempelajari struktur dalam tubuh
makhluk hidup.
4) Fisiologi mempelajari proses dan kegiatan
yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup.
5) Morfologi mempelajari susunan dan bentuk
luar makhluk hidup.
6) Zoologi mempelajari hewan dan kehidupannya.
7) Histologi mempelajari susunan dan fungsi
jaringan tubuh makhluk hidup.
20. Jawaban: a
Embriologi adalah ilmu yang mempelajari perkembangan
organisme dari telur sampai menjadi
embrio seperti perkembangan zigot dalam
kandungan. Adapun pertumbuhan balita dipelajari
dalam Organologi. Menurunnya sifat orang tua
dipelajari dalam Genetika. Susunan alat-alat tubuh
dipelajari dalam Anatomi dan Morfologi.
Transplantasi organ dipelajari dalam Bioteknologi
dan Organologi.
21. Jawaban: c
1) Diabetes dapat terjadi akibat gagalnya
pankreas memproduksi insulin. Pokok
permasalahannya pada organ pankreas
sehingga termasuk permasalahan Biologi pada
tingkat organ.
2) Tomcat dimanfaatkan sebagai pengendali
alami terhadap wereng cokelat. Dalam hal ini
terjadi hubungan antara populasi tomcat
dengan populasi wereng cokelat sehingga
termasuk permasalahan Biologi pada tingkat
komunitas.
3) Makanan yang mengandung kolesterol tinggi
harus dihindari. Kolesterol merupakan molekul
biokimia yang penting bagi pembentukan
hormon seks serta pertumbuhan otak dan
saraf. Namun demikian, makanan berkolesterol
tinggi harus dihindari. Kolesterol
dipelajari pada tingkat molekul.
4) Kultur jaringan tumbuhan memanfaatkan sifat
totipotensi tumbuhan. Pokok permasalahan
sifat totipotensi dari jaringan tumbuhan
sehingga termasuk permasalahan Biologi pada
tingkat jaringan.
8 Ruang Lingkup Biologi dan Kerja Ilmiah
talok mengandung metabolit sekunder yang dapat
mengakibatkan cacat pada janin atau bayi. Adapun
hipotesis dari rumusan masalah tersebut yaitu
”Ekstrak daun talok diduga dapat menghambat
pertumbuhan dan perkembangan janin mencit”.
28. Jawaban: a
Untuk pengambilan data penelitian digunakan cara
atau metode pengambilan data. Jenis metode
pengambilan data yang bisa dilakukan meliputi
metode survei, studi kasus, eksperimen, dan
metode demonstrasi. Metode survei dilakukan
dengan menyebarkan angket yang berisi beberapa
pertanyaan.
29. Jawaban: a
Bentuk penyajian data seperti pada soal adalah
diagram batang. Diagram ini berbentuk seperti
batang. Jenis data yang disajikan dalam bentuk
diagram batang adalah data kuantitatif, yaitu data
yang dapat dinyatakan dalam bentuk angka.
30. Jawaban: c
1) Tinjauan pustaka, berisi teori, konsep, fakta,
dan penelitian sebelumnya yang berkaitan
dengan topik penelitian.
2) Pendahuluan, berisi latar belakang masalah,
perumusan masalah, hipotesis, dan tujuan
penelitian.
3) Daftar pustaka, berisi sumber-sumber yang
digunakan penulis sebagai acuan dalam
menunjang penelitian.
4) Metode penelitian, berisi cara kerja penelitian
serta alat dan bahan yang digunakan dalam
melaksanakan penelitian.
5) Hasil dan pembahasan, berisi data dan fakta
yang diperoleh selama penelitian.
B. Uraian
1. Dalam mengolah lahannya, tanpa disadari petani
jamur telah menerapkan cabang-cabang Biologi
antara lain: Mikologi, Fisiologi, dan Taksonomi.
Mikologi mempelajari kehidupan jamur dan
peranannya bagi makhluk hidup, digunakan untuk
mengetahui karakteristik jamur serta manfaatnya.
Mikrobiologi digunakan dalam teknik pembuatan
media. Fisiologi digunakan untuk mengetahui
kebutuhan nutrisi atau hara yang diperlukan jamur.
2. Ciri-ciri Biologi sebagai ilmu sebagai berikut.
a. Mempunyai objek kajian berupa benda konkret.
b. Dikembangkan berdasarkan pengalaman
empiris.
c. Sistematis.
d. Menggunakan cara berpikir logis dan konsisten.
e. Hasil kajiannya bersifat objektif.
f. Teori yang dihasilkan bersifat berlaku umum.
3. Sebelum melakukan penelitian, seorang peneliti
hendaknya melakukan beberapa persiapan terlebih
dahulu. Persiapan tersebut antara lain pemilihan
masalah dan studi pendahuluan, merumuskan
masalah, mengumpulkan informasi, mengajukan
hipotesis, memilih pendekatan, menentukan
variabel dan sumber data, serta menentukan dan
menyusun instrumen penelitian. Setelah persiapan
selesai kemudian melakukan penelitian.
4. Salah satu contoh penyalahgunaan ilmu biologi
yang dapat mengakibatkan tatanan lingkungan
menjadi rusak adalah penggunaan senjata biologis
sebagai senjata pemusnah dalam peperangan.
Senjata biologis merupakan mikrobia patogen yang
sengaja diperbanyak dan selanjutnya dilepaskan
ke daerah musuh. Dengan demikian, pasukan musuh
akan sakit dan bahkan mengakibatkan kematian.
5. Untuk mengatasi penyakit akibat gigitan serangga
tomcat, kita memerlukan cabang Biologi yang
mempelajari tentang serangga, yaitu Entomologi.
Selain itu, kita juga memerlukan cabang Biologi lain
seperti Imunologi yang mempelajari tentang kekebalan
tubuh sehingga dapat menciptakan serum untuk
mengatasi infeksi racun serangga tersebut.
6. Biologi dikatakan sebagai pure science (ilmu murni)
karena biologi sangat berperan dalam pengembangan
ilmu terapan (applied science). Jadi, tidak
mungkin seorang dapat menguasai suatu ilmu
terapan seperti ilmu kedokteran, ilmu pertanian, dan
farmasi tanpa menguasai ilmu Biologi.
7. Hipotesis adalah jawaban sementara dari permasalahan
yang diajukan. Hipotesis bersifat teoritis
sehingga harus diuji kebenarannya. Hipotesis
dikatakan sebagai hipotesis nol apabila hasil analisis
penelitian tersebut bertolak belakang dengan hipotesis
yang diajukan sehingga hipotesis tersebut salah.
8. a. Variabel bebas: persentase tepung keong mas.
Variabel terikat: berat telur, berat kuning telur,
berat putih telur, warna kuning telur, dan berat
cangkang telur.
Variabel kontrol: usia itik dan berat badan itik
2 kg.
b. Perumusan masalah: Bagaimanakah
pengaruh penambahan tepung keong mas
pada ransum terhadap kualitas telur itik?
Hipotesis: Penambahan tepung keong mas
pada ransum diduga dapat meningkatkan
kualitas telur itik.
9. a. Rumusan masalah: bagaimanakah pengaruh
pemberian tanaman eceng gondok terhadap
kadar logam-logam berat pada limbah cair?
Hipotesis: tanaman eceng gondok diduga
dapat menurunkan kadar logam-logam berat
pada limbah cair.