Ruang Lingkup Ilmu Sejarah
1. Istilah ”pohon” jika dikaitkan dengan sejarah
berarti . . . .
a. riwayat dan peristiwa yang membentuk
kelangsungan hidup
b. tumbuh, hidup, dan berkembang terus
sepanjang masa
c. perubahan manusia dari masa ke masa
d. perjalanan hidup manusia pada masa lampau
e. kondisi manusia yang selalu berkembang
Jawaban: b
Secara etimologi kata sejarah berasal dari bahasa
Arab, syajaratun yang artinya pohon. Jika dikaitkan
dengan sejarah dapat disimpulkan bahwa manusia
itu hidup, terus bergerak, berkembang, dan tumbuh
seiring perjalanan waktu di tempat manusia
berada. Lebih luas dari itu, sejarah bersifat dinamis,
tumbuh, hidup, berkembang bergerak, serta akan
berjalan terus tiada henti sepanjang masa.
2. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Peristiwa masa lalu yang terjadi kembali pada
masa kini.
2) Menyangkut peristiwa sejarah beserta
tanggal, bulan, dan tahun kejadiannya.
3) Peristiwa yang terjadi pada masa lalu.
4) Kisah tentang masa lalu.
5) Rekonstruksi masa lalu yang dapat dilakukan
semua orang.
Deskripsi secara umum mengenai pengertian
sejarah ditunjukkan oleh pernyataan nomor . . . .
a. 1), 2), dan 3) d. 2), 4), dan 5)
b. 1), 3), dan 4) e. 3), 4), dan 5)
c. 2), 3), dan 4)
Jawaban: c
Tidak semua orang memahami pengertian
sejarah. Sebagian orang mendeskripsikan bahwa
sejarah itu menyangkut peristiwa beserta tanggal,
bulan, dan tahun kejadiannya. Ada pula yang
A. Pengertian Sejarah
menyebut sejarah sebagai peristiwa yang terjadi
pada masa lalu. Sebagian yang lain berpendapat
sejarah adalah kisah tentang masa lalu. Jadi,
jawaban yang tepat ditunjukkan oleh pernyataan
nomor 2), 3), dan 4).
3. Silsilah dalam keluarga sering diwujudkan dalam
. . . .
a. catatan singkat di buku harian
b. tradisi lisan yang diceritakan secara turuntemurun
c. riwayat keluarga yang harus diketahui oleh
setiap generasi
d. skema menyerupai pohon lengkap dengan
cabang, ranting, dan daun
e. warisan pengetahuan dari keluarga inti kepada
keluarga keturunannya
Jawaban: d
Dalam khazanah bangsa Indonesia sejarah dapat
berarti silsilah, asal usul, hikayat, dan riwayat.
Silsilah sebuah keluarga sering diwujudkan dalam
bentuk skema menyerupai pohon lengkap dengan
cabang, ranting, dan daun.
4. Perhatikan tabel berikut!
No. X Y
1) Ilmu gaib Ramalan
2) Mantra Riwayat
3) Kisah Silsilah
Unsur-unsur yang terdapat dalam pustaha
ditunjukkan oleh kombinasi . . . .
a. X1), X2), dan Y1) d. X2), X3), dan Y2)
b. X1), X3), dan Y2) e. X2), X3), dan Y3)
c. X1), X2), dan Y3)
Jawaban: a
Pustaha adalah buku atau surat dalam budaya
Batak yang berisi catatan pengobatan tradisional,
ilmu gaib, mantra, dan ramalan. Jadi, jawaban
yang tepat ditunjukkan oleh kombinasi X1), X2),
dan Y1).
5. Sejarah memiliki hubungan erat dengan kehidupan
manusia. Pernyataan tersebut berarti . . . .
a. kehidupan manusia dibentuk oleh sejarah
b. sejarah menciptakan kehidupan manusia
c. sejarah memengaruhi gerak aktivitas
manusia
d. sejarah menceritakan kisah kehidupan
manusia
e. sejarah merupakan kenangan masa lalu manusia
Jawaban: d
Sejarah dan aktivitas manusia memiliki kaitan erat.
Ilmu sejarah mengkaji aktivitas manusia. Selain
mengkaji aktivitas manusia, sejarah menceritakan
aktivitas manusia yang telah terjadi. Oleh karena
itu, tanpa aktivitas manusia, sejarah tidak akan
dapat melakukan kajiannya sesuai kaidah ilmu
pengetahuan.
6. Perhatikan tabel berikut!
No. Istilah Pengertian
1) A Kisahan berbahasa Jawa,
Sunda, Bali, Sasak, dan Madura
yang berisi peristiwa sejarah.
2) B Uraian sejarah suatu daerah
yang sering bercampur dengan
dongeng.
3) Pustaha Buku atau surat dalam budaya
Batak.
Istilah yang tepat untuk mengisi kotak ”A” dan ”B”
adalah . . . .
a. legenda dan mitos
b. mitos dan tambo
c. legenda dan babad
d. biografi dan autobiografi
e. babad dan tambo
Jawaban: e
Babad adalah kisahan berbahasa Jawa, Sunda,
Bali, Sasak, dan Madura yang berisi peristiwa
sejarah. Tambo adalah uraian sejarah suatu daerah
yang sering bercampur dengan dongeng. Pustaha
adalah buku atau surat dalam budaya Batak yang
berisi catatan pengobatan tradisional, ilmu gaib,
mantra, dan ramalan.
7. Tulisan yang berjudul Bung Karno Penyambung
Lidah Rakyat Indonesia termasuk jenis biografi.
Penulisan biografi bersumber dari . . . .
a. kisah kehidupan yang ditulis sendiri oleh
pelakunya
b. hasil penelitian dan wawancara dengan
narasumber
c. catatan masa lalu yang direkam melalui tape
recorder
d. riwayat narasumber yang diceritakan oleh
keturunannya
e. penelitian kehidupan narasumber melalui
buku hariannya
Jawaban: b
Salah satu unsur yang terkait dengan riwayat
adalah biografi. Biografi adalah cerita yang
menjadikan kehidupan seseorang sebagai
objeknya. Contoh biografi yang cukup terkenal
adalah Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat
Indonesia yang ditulis oleh Cindy Adam. Biografi
tersebut bersumber dari hasil penelitian dan
wawancara langsung dengan Soekarno.
8. Perhatikan penyataan berikut!
1) Sejumlah perubahan, kejadian, dan peristiwa
nyata.
2) Cerita tentang perubahan-perubahan,
kejadian, dan peristiwa nyata.
3) Ilmu yang menyelidiki perubahan-perubahan,
kejadian, dan peristiwa nyata.
Ketiga pernyataan di atas terkait dengan makna
sejarah menurut . . . .
a. Sartono Kartodirdjo
b. Kuntowijoyo
c. R. Moh. Ali
d. Muh. Yamin
e. Taufik Abdullah
Jawaban: c
Menurut R. Moh. Ali, sejarah memiliki tiga makna,
yaitu sejumlah perubahan, kejadian, dan peristiwa
nyata; cerita tentang perubahan-perubahan,
kejadian, dan peristiwa nyata; serta ilmu yang
bertugas menyelidiki perubahan-perubahan,
kejadian, dan peristiwa nyata.
9. Menurut Sartono Kartodirdjo, keseluruhan proses
dalam sejarah dapat bersifat objektif karena . . . .
a. hasil penelitian sejarah bersifat khusus
b. tidak memuat unsur-unsur subjek pengamat
atau pencerita
c. peristiwa yang diteliti benar-benar terjadi pada
masa lampau
d. peristiwa sejarah diteliti sesuai kaidah dalam
metode penelitian sejarah
e. peristiwa yang terjadi benar-benar bersandar
pada pengalaman manusia
Jawaban: b
Sejarawan Sartono Kartodirdjo berpendapat
bahwa sejarah bersifat objektif menunjuk pada
kejadian atau peristiwa yang dapat dibuktikan
sehingga memiliki kebenaran objektif. Keseluruhan
proses dalam sejarah dapat bersifat
objektif karena tidak memuat unsur-unsur subjek pengamat atau pencerita
10. Perhatikan gambar berikut!
Pernyataan yang sesuai dengan peristiwa di atas
jika dikaitkan dengan kajian sejarah sebagai
peristiwa masa lalu adalah . . .
a. Rekaman peristiwa di atas bukan peristiwa
itu sendiri.
b. Peristiwa di atas terjadi berdasarkan
pengalaman manusia.
c. Diperlukan imajinasi untuk merekonstruksi
peristiwa di atas.
d. Peristiwa di atas dapat direkonstruksi melalui
bukti-bukti objektif.
e. Peristiwa di atas hanya terjadi sekali dan tidak
akan terulang lagi.
Jawaban: e
Sejarah sebagai peristiwa atau kejadian masa lalu
bersifat einmalig yang berarti sekali terjadi.
Peristiwa pengunduran Presiden Soeharto pada
gambar di atas dalam kaitannya dengan kajian
sejarah sebagai peristiwa masa lalu memiliki arti
bahwa peristiwa tersebut hanya terjadi sekali dan
tidak akan terulang kembali. Setelah Soeharto
membacakan pidato pengunduran dirinya,
peristiwa tersebut telah menjadi masa lampau.
11. Rekaman pidato Soekarno saat membacakan
Dekret Presiden 5 Juli 1959 tidak dapat dikatakan
peristiwa sejarah karena . . . .
a. setiap orang dapat memberikan penafsiran
berbeda mengenai peristiwa tersebut
b. peristiwa tersebut tidak berdampak besar
pada kehidupan masyarakat Indonesia
c. peristiwa tersebut hanya rekaman dan tidak
sama dengan peristiwa itu sendiri
d. diperlukan cross check untuk mengetahui
kebenaran peristiwa tersebut
e. tidak ada sumber lisan yang mampu menjelaskan
peristiwa tersebut
Jawaban: c
Sejarah sebagai kisah berbeda dengan sejarah
sebagai peristiwa itu sendiri. Rekaman pidato
Soekarno saat membacakan Dekret Presiden
5 Juli 1959 dapat diputar berulang-ulang. Akan
tetapi, peristiwa Dekret Presiden 5 Juli 1959 hanya
terjadi sekali. Oleh karena itu, peristiwa tersebut
hanya rekaman dan tidak sama dengan peristiwa
itu sendiri.
12. Unsur-unsur dalam sejarah sebagai ilmu tentang masa lampau ditunjukkan oleh baris .
a. empiris
objek
teori
b. pemahaman
imajinasi
emosi
c. kisah
riwayat
silsilah
d. subjektif
objektif
rekonstruksi
e. einmalig
geschichte
unique
Jawaban: a
Sebagai ilmu, sejarah memiliki beberapa ciri atau
kriteria tertentu. Menurut Kuntowijoyo, sejarah
sebagai ilmu memiliki beberapa ciri dan
karakteristik antara lain bersifat empiris, memiliki
objek, memiliki teori, memiliki generalisasi, dan
memiliki metode.
13. Tidak semua pengalaman manusia dapat
dijadikan objek penelitian dan penulisan sejarah
karena . . . .
a. sejarawan harus bersikap objektif saat
merekonstruksi sejarah
b. pengalaman manusia yang telah terjadi tidak
direkam dalam media
c. tidak semua orang memiliki pengalaman
yang berpengaruh bagi kehidupan orang lain
d. beberapa pengalaman manusia pada masa
lampau diceritakan dengan subjektivitas tinggi
e. pengalaman yang layak diteliti dalam sejarah
hanya pengalaman yang berpengaruh bagi
kehidupan masyarakat
Jawaban: e
Sejarah sangat bergantung pada pengalaman manusia yang terekam dalam dokumen.
Pengalaman yang diteliti sejarawan adalah
pengalaman manusia yang memberikan banyak
pengaruh bagi kehidupan masyarakat atau suatu
bangsa. Jadi, tidak setiap peristiwa yang dialami
manusia bisa dijadikan objek penelitian dan penulisan sejarah.
14. Perhatikan wacana berikut!
Sekelompok sejarawan dan arkeolog
sedang meneliti kehidupan masyarakat pada
masa Kerajaan Majapahit. Oleh karena itu,
para peneliti melakukan penggalian di situs
Trowulan. Pada sebuah penggalian, arkeolog
menemukan sejumlah mata uang kuno.
Untuk memastikan keaslian mata uang tersebut,
sejarawan dan arkeolog memerlukan ilmu bantu,
yaitu . . . .
a. filologi
b. geologi
c. geografi
d. numismatik
e. antropologi
Jawaban: d
Numismatik adalah ilmu yang mempelajari segala
aspek tentang mata uang. Unsur-unsur yang
dipelajari numismatik antara lain sejarah mata
uang, cara pembuatan mata uang, ciri-ciri mata
uang, variasi mata uang dari masa ke masa hingga
sejarah politik terbentuknya mata uang.
15. Ilmu sejarah berbeda dengan ilmu humaniora lain
karena . . . .
a. unsur subjektivitas dalam penelitian sejarah
cukup tinggi
b. ilmu sejarah tidak hanya meneliti eksistensi
manusia
c. penelitian ilmu sejarah dapat dibantu melalui
ilmu-ilmu lain
d. ilmu sejarah memiliki metodologi yang
berbeda dengan ilmu sosial lain
e. ilmu sejarah lebih menekankan sasarannya
pada manusia dalam sudut pandang waktu
Jawaban: e
Objek sejarah berkaitan dengan eksistensi
manusia sehingga sejarah dikelompokkan dalam
ilmu humaniora. Akan tetapi, ilmu sejarah berbeda
dengan ilmu humaniora lain karena ilmu sejarah
lebih menekankan sasarannya pada manusia
dalam sudut pandang waktu. Artinya, objek yang
diteliti dan dianalisis sejarawan berkaitan dengan
peristiwa yang menyangkut dimensi kemasyarakatan
atau kebangsaan pada masa
lampau.
16. Keterkaitan peristiwa masa lalu dan kajian ilmu
sejarah adalah . . . .
a. peristiwa pada masa lalu bukan merupakan
kajian dalam ilmu sejarah
b. peristiwa pada masa lalu selalu berkaitan
dengan peristiwa sejarah yang terjadi pada
masa depan
c. mengungkap segala peristiwa yang terjadi
pada masa lalu harus dilakukan oleh
sejarawan yang terpercaya
d. ilmu sejarah dapat digunakan untuk menganalisis
peristiwa pada masa lalu, masa
kini, dan masa depan
e. ilmu sejarah merupakan ilmu pengetahuan
yang mempelajari peristiwa dan
aktivitas manusia pada masa lalu
Jawaban: e
Ilmu sejarah adalah ilmu pengetahuan yang
mempelajari peristiwa dan aktivitas manusia pada
masa lalu. Selain itu, ilmu sejarah berkaitan
dengan perubahan pada masa lalu yang terjadi
dalam kehidupan masyarakat. Perubahanperubahan
yang terjadi dalam kehidupan manusia
akan memberikan pelajaran bagi kehidupan
manusia kelak.
17. Perhatikan peristiwa berikut!
1) Aktivitas menuntut ilmu di sekolah.
2) Acara perayaan kelulusan murid-murid SMP.
3) Acara pernikahan seorang anggota keluarga.
4) Kegiatan membersihkan rumah pada hari
Minggu.
Peristiwa bersejarah bagi kehidupan manusia
ditunjukkan oleh nomor . . . .
a. 1) dan 2)
b. 1) dan 3)
c. 2) dan 3)
d. 2) dan 4)
e. 3) dan 4)
Jawaban: c
Tidak semua peristiwa dan aktivitas manusia
dapat dikategorikan sebagai peristiwa sejarah.
Aktivitas yang dapat diketegorikan sebagai
peristiwa sejarah adalah aktivitas yang memiliki
pengaruh besar bagi kehidupan manusia. Dari
keempat peristiwa di atas, peristiwa nomor 2) dan
3) merupakan contoh peristiwa yang dapat
dikatakan sebagai peristiwa bersejarah.
18. Sejarah dalam pengertian objektif memiliki ciriciri
berikut, kecuali . . . .
a. peristiwa yang benar-benar terjadi
b. peristiwa itu tidak dapat diulang lagi
c. tidak memuat unsur-unsur subjek pengamat
atau pencerita
d. bangunan yang disusun penulis sebagai suatu
uraian atau cerita
e. peristiwa yang dapat dibuktikan sehingga memiliki kebenaran objektif
Jawaban: d
Sejarah dalam arti objektif merujuk pada kejadian
atau peristiwa yang dapat dibuktikan sehingga
memiliki kebenaran objektif. Kejadian itu sekali
terjadi tidak dapat diulang lagi. Keseluruhan proses
itu bersifat objektif karena tidak memuat unsurunsur
subjek pengamat atau pencerita.
19. Peristiwa pembacaan teks proklamasi pada
tanggal 17 Agustus 1945 merupakan contoh
sejarah sebagai peristiwa karena bersifat . . . .
a. einmalig
b. heroik
c. diakronis
d. empiris
e. teoretis
Jawaban: a
Sejarah dalam pengertian sebagai peristiwa
memiliki sifat atau ciri-ciri einmalig dan unik.
Einmalig berarti sekali terjadi. Setiap peristiwa
hanya sekali terjadi dan tidak akan pernah terulang
kembali. Peristiwa pembacaan teks proklamasi
pada tanggal 17 Agustus 1945 oleh Soekarno
hanya sekali terjadi dan tidak akan terulang
kembali.
20. Dalam menyajikan tulisan sejarah penulis hendaknya
menggunakan gaya bahasa yang . . . .
a. berbunga-bunga
b. berbelit-belit
c. hiperbola
d. atraktif
e. lugas
Jawaban: e
Dalam penulisan sejarah, gaya bahasa yang
digunakan harus lugas atau tidak berbelit-belit
sehingga kisah sejarah mudah dipahami oleh
pembaca. Sejarawan juga tidak perlu menyajikan
cerita tentang tokoh atau peristiwa sejarah secara
berbunga-bunga sehingga mengaburkan faktanya.
berarti . . . .
a. riwayat dan peristiwa yang membentuk
kelangsungan hidup
b. tumbuh, hidup, dan berkembang terus
sepanjang masa
c. perubahan manusia dari masa ke masa
d. perjalanan hidup manusia pada masa lampau
e. kondisi manusia yang selalu berkembang
Jawaban: b
Secara etimologi kata sejarah berasal dari bahasa
Arab, syajaratun yang artinya pohon. Jika dikaitkan
dengan sejarah dapat disimpulkan bahwa manusia
itu hidup, terus bergerak, berkembang, dan tumbuh
seiring perjalanan waktu di tempat manusia
berada. Lebih luas dari itu, sejarah bersifat dinamis,
tumbuh, hidup, berkembang bergerak, serta akan
berjalan terus tiada henti sepanjang masa.
2. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Peristiwa masa lalu yang terjadi kembali pada
masa kini.
2) Menyangkut peristiwa sejarah beserta
tanggal, bulan, dan tahun kejadiannya.
3) Peristiwa yang terjadi pada masa lalu.
4) Kisah tentang masa lalu.
5) Rekonstruksi masa lalu yang dapat dilakukan
semua orang.
Deskripsi secara umum mengenai pengertian
sejarah ditunjukkan oleh pernyataan nomor . . . .
a. 1), 2), dan 3) d. 2), 4), dan 5)
b. 1), 3), dan 4) e. 3), 4), dan 5)
c. 2), 3), dan 4)
Jawaban: c
Tidak semua orang memahami pengertian
sejarah. Sebagian orang mendeskripsikan bahwa
sejarah itu menyangkut peristiwa beserta tanggal,
bulan, dan tahun kejadiannya. Ada pula yang
A. Pengertian Sejarah
menyebut sejarah sebagai peristiwa yang terjadi
pada masa lalu. Sebagian yang lain berpendapat
sejarah adalah kisah tentang masa lalu. Jadi,
jawaban yang tepat ditunjukkan oleh pernyataan
nomor 2), 3), dan 4).
3. Silsilah dalam keluarga sering diwujudkan dalam
. . . .
a. catatan singkat di buku harian
b. tradisi lisan yang diceritakan secara turuntemurun
c. riwayat keluarga yang harus diketahui oleh
setiap generasi
d. skema menyerupai pohon lengkap dengan
cabang, ranting, dan daun
e. warisan pengetahuan dari keluarga inti kepada
keluarga keturunannya
Jawaban: d
Dalam khazanah bangsa Indonesia sejarah dapat
berarti silsilah, asal usul, hikayat, dan riwayat.
Silsilah sebuah keluarga sering diwujudkan dalam
bentuk skema menyerupai pohon lengkap dengan
cabang, ranting, dan daun.
4. Perhatikan tabel berikut!
No. X Y
1) Ilmu gaib Ramalan
2) Mantra Riwayat
3) Kisah Silsilah
Unsur-unsur yang terdapat dalam pustaha
ditunjukkan oleh kombinasi . . . .
a. X1), X2), dan Y1) d. X2), X3), dan Y2)
b. X1), X3), dan Y2) e. X2), X3), dan Y3)
c. X1), X2), dan Y3)
Jawaban: a
Pustaha adalah buku atau surat dalam budaya
Batak yang berisi catatan pengobatan tradisional,
ilmu gaib, mantra, dan ramalan. Jadi, jawaban
yang tepat ditunjukkan oleh kombinasi X1), X2),
dan Y1).
5. Sejarah memiliki hubungan erat dengan kehidupan
manusia. Pernyataan tersebut berarti . . . .
a. kehidupan manusia dibentuk oleh sejarah
b. sejarah menciptakan kehidupan manusia
c. sejarah memengaruhi gerak aktivitas
manusia
d. sejarah menceritakan kisah kehidupan
manusia
e. sejarah merupakan kenangan masa lalu manusia
Jawaban: d
Sejarah dan aktivitas manusia memiliki kaitan erat.
Ilmu sejarah mengkaji aktivitas manusia. Selain
mengkaji aktivitas manusia, sejarah menceritakan
aktivitas manusia yang telah terjadi. Oleh karena
itu, tanpa aktivitas manusia, sejarah tidak akan
dapat melakukan kajiannya sesuai kaidah ilmu
pengetahuan.
6. Perhatikan tabel berikut!
No. Istilah Pengertian
1) A Kisahan berbahasa Jawa,
Sunda, Bali, Sasak, dan Madura
yang berisi peristiwa sejarah.
2) B Uraian sejarah suatu daerah
yang sering bercampur dengan
dongeng.
3) Pustaha Buku atau surat dalam budaya
Batak.
Istilah yang tepat untuk mengisi kotak ”A” dan ”B”
adalah . . . .
a. legenda dan mitos
b. mitos dan tambo
c. legenda dan babad
d. biografi dan autobiografi
e. babad dan tambo
Jawaban: e
Babad adalah kisahan berbahasa Jawa, Sunda,
Bali, Sasak, dan Madura yang berisi peristiwa
sejarah. Tambo adalah uraian sejarah suatu daerah
yang sering bercampur dengan dongeng. Pustaha
adalah buku atau surat dalam budaya Batak yang
berisi catatan pengobatan tradisional, ilmu gaib,
mantra, dan ramalan.
7. Tulisan yang berjudul Bung Karno Penyambung
Lidah Rakyat Indonesia termasuk jenis biografi.
Penulisan biografi bersumber dari . . . .
a. kisah kehidupan yang ditulis sendiri oleh
pelakunya
b. hasil penelitian dan wawancara dengan
narasumber
c. catatan masa lalu yang direkam melalui tape
recorder
d. riwayat narasumber yang diceritakan oleh
keturunannya
e. penelitian kehidupan narasumber melalui
buku hariannya
Jawaban: b
Salah satu unsur yang terkait dengan riwayat
adalah biografi. Biografi adalah cerita yang
menjadikan kehidupan seseorang sebagai
objeknya. Contoh biografi yang cukup terkenal
adalah Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat
Indonesia yang ditulis oleh Cindy Adam. Biografi
tersebut bersumber dari hasil penelitian dan
wawancara langsung dengan Soekarno.
8. Perhatikan penyataan berikut!
1) Sejumlah perubahan, kejadian, dan peristiwa
nyata.
2) Cerita tentang perubahan-perubahan,
kejadian, dan peristiwa nyata.
3) Ilmu yang menyelidiki perubahan-perubahan,
kejadian, dan peristiwa nyata.
Ketiga pernyataan di atas terkait dengan makna
sejarah menurut . . . .
a. Sartono Kartodirdjo
b. Kuntowijoyo
c. R. Moh. Ali
d. Muh. Yamin
e. Taufik Abdullah
Jawaban: c
Menurut R. Moh. Ali, sejarah memiliki tiga makna,
yaitu sejumlah perubahan, kejadian, dan peristiwa
nyata; cerita tentang perubahan-perubahan,
kejadian, dan peristiwa nyata; serta ilmu yang
bertugas menyelidiki perubahan-perubahan,
kejadian, dan peristiwa nyata.
9. Menurut Sartono Kartodirdjo, keseluruhan proses
dalam sejarah dapat bersifat objektif karena . . . .
a. hasil penelitian sejarah bersifat khusus
b. tidak memuat unsur-unsur subjek pengamat
atau pencerita
c. peristiwa yang diteliti benar-benar terjadi pada
masa lampau
d. peristiwa sejarah diteliti sesuai kaidah dalam
metode penelitian sejarah
e. peristiwa yang terjadi benar-benar bersandar
pada pengalaman manusia
Jawaban: b
Sejarawan Sartono Kartodirdjo berpendapat
bahwa sejarah bersifat objektif menunjuk pada
kejadian atau peristiwa yang dapat dibuktikan
sehingga memiliki kebenaran objektif. Keseluruhan
proses dalam sejarah dapat bersifat
objektif karena tidak memuat unsur-unsur subjek pengamat atau pencerita
10. Perhatikan gambar berikut!
Pernyataan yang sesuai dengan peristiwa di atas
jika dikaitkan dengan kajian sejarah sebagai
peristiwa masa lalu adalah . . .
a. Rekaman peristiwa di atas bukan peristiwa
itu sendiri.
b. Peristiwa di atas terjadi berdasarkan
pengalaman manusia.
c. Diperlukan imajinasi untuk merekonstruksi
peristiwa di atas.
d. Peristiwa di atas dapat direkonstruksi melalui
bukti-bukti objektif.
e. Peristiwa di atas hanya terjadi sekali dan tidak
akan terulang lagi.
Jawaban: e
Sejarah sebagai peristiwa atau kejadian masa lalu
bersifat einmalig yang berarti sekali terjadi.
Peristiwa pengunduran Presiden Soeharto pada
gambar di atas dalam kaitannya dengan kajian
sejarah sebagai peristiwa masa lalu memiliki arti
bahwa peristiwa tersebut hanya terjadi sekali dan
tidak akan terulang kembali. Setelah Soeharto
membacakan pidato pengunduran dirinya,
peristiwa tersebut telah menjadi masa lampau.
11. Rekaman pidato Soekarno saat membacakan
Dekret Presiden 5 Juli 1959 tidak dapat dikatakan
peristiwa sejarah karena . . . .
a. setiap orang dapat memberikan penafsiran
berbeda mengenai peristiwa tersebut
b. peristiwa tersebut tidak berdampak besar
pada kehidupan masyarakat Indonesia
c. peristiwa tersebut hanya rekaman dan tidak
sama dengan peristiwa itu sendiri
d. diperlukan cross check untuk mengetahui
kebenaran peristiwa tersebut
e. tidak ada sumber lisan yang mampu menjelaskan
peristiwa tersebut
Jawaban: c
Sejarah sebagai kisah berbeda dengan sejarah
sebagai peristiwa itu sendiri. Rekaman pidato
Soekarno saat membacakan Dekret Presiden
5 Juli 1959 dapat diputar berulang-ulang. Akan
tetapi, peristiwa Dekret Presiden 5 Juli 1959 hanya
terjadi sekali. Oleh karena itu, peristiwa tersebut
hanya rekaman dan tidak sama dengan peristiwa
itu sendiri.
12. Unsur-unsur dalam sejarah sebagai ilmu tentang masa lampau ditunjukkan oleh baris .
a. empiris
objek
teori
b. pemahaman
imajinasi
emosi
c. kisah
riwayat
silsilah
d. subjektif
objektif
rekonstruksi
e. einmalig
geschichte
unique
Jawaban: a
Sebagai ilmu, sejarah memiliki beberapa ciri atau
kriteria tertentu. Menurut Kuntowijoyo, sejarah
sebagai ilmu memiliki beberapa ciri dan
karakteristik antara lain bersifat empiris, memiliki
objek, memiliki teori, memiliki generalisasi, dan
memiliki metode.
13. Tidak semua pengalaman manusia dapat
dijadikan objek penelitian dan penulisan sejarah
karena . . . .
a. sejarawan harus bersikap objektif saat
merekonstruksi sejarah
b. pengalaman manusia yang telah terjadi tidak
direkam dalam media
c. tidak semua orang memiliki pengalaman
yang berpengaruh bagi kehidupan orang lain
d. beberapa pengalaman manusia pada masa
lampau diceritakan dengan subjektivitas tinggi
e. pengalaman yang layak diteliti dalam sejarah
hanya pengalaman yang berpengaruh bagi
kehidupan masyarakat
Jawaban: e
Sejarah sangat bergantung pada pengalaman manusia yang terekam dalam dokumen.
Pengalaman yang diteliti sejarawan adalah
pengalaman manusia yang memberikan banyak
pengaruh bagi kehidupan masyarakat atau suatu
bangsa. Jadi, tidak setiap peristiwa yang dialami
manusia bisa dijadikan objek penelitian dan penulisan sejarah.
14. Perhatikan wacana berikut!
Sekelompok sejarawan dan arkeolog
sedang meneliti kehidupan masyarakat pada
masa Kerajaan Majapahit. Oleh karena itu,
para peneliti melakukan penggalian di situs
Trowulan. Pada sebuah penggalian, arkeolog
menemukan sejumlah mata uang kuno.
Untuk memastikan keaslian mata uang tersebut,
sejarawan dan arkeolog memerlukan ilmu bantu,
yaitu . . . .
a. filologi
b. geologi
c. geografi
d. numismatik
e. antropologi
Jawaban: d
Numismatik adalah ilmu yang mempelajari segala
aspek tentang mata uang. Unsur-unsur yang
dipelajari numismatik antara lain sejarah mata
uang, cara pembuatan mata uang, ciri-ciri mata
uang, variasi mata uang dari masa ke masa hingga
sejarah politik terbentuknya mata uang.
15. Ilmu sejarah berbeda dengan ilmu humaniora lain
karena . . . .
a. unsur subjektivitas dalam penelitian sejarah
cukup tinggi
b. ilmu sejarah tidak hanya meneliti eksistensi
manusia
c. penelitian ilmu sejarah dapat dibantu melalui
ilmu-ilmu lain
d. ilmu sejarah memiliki metodologi yang
berbeda dengan ilmu sosial lain
e. ilmu sejarah lebih menekankan sasarannya
pada manusia dalam sudut pandang waktu
Jawaban: e
Objek sejarah berkaitan dengan eksistensi
manusia sehingga sejarah dikelompokkan dalam
ilmu humaniora. Akan tetapi, ilmu sejarah berbeda
dengan ilmu humaniora lain karena ilmu sejarah
lebih menekankan sasarannya pada manusia
dalam sudut pandang waktu. Artinya, objek yang
diteliti dan dianalisis sejarawan berkaitan dengan
peristiwa yang menyangkut dimensi kemasyarakatan
atau kebangsaan pada masa
lampau.
16. Keterkaitan peristiwa masa lalu dan kajian ilmu
sejarah adalah . . . .
a. peristiwa pada masa lalu bukan merupakan
kajian dalam ilmu sejarah
b. peristiwa pada masa lalu selalu berkaitan
dengan peristiwa sejarah yang terjadi pada
masa depan
c. mengungkap segala peristiwa yang terjadi
pada masa lalu harus dilakukan oleh
sejarawan yang terpercaya
d. ilmu sejarah dapat digunakan untuk menganalisis
peristiwa pada masa lalu, masa
kini, dan masa depan
e. ilmu sejarah merupakan ilmu pengetahuan
yang mempelajari peristiwa dan
aktivitas manusia pada masa lalu
Jawaban: e
Ilmu sejarah adalah ilmu pengetahuan yang
mempelajari peristiwa dan aktivitas manusia pada
masa lalu. Selain itu, ilmu sejarah berkaitan
dengan perubahan pada masa lalu yang terjadi
dalam kehidupan masyarakat. Perubahanperubahan
yang terjadi dalam kehidupan manusia
akan memberikan pelajaran bagi kehidupan
manusia kelak.
17. Perhatikan peristiwa berikut!
1) Aktivitas menuntut ilmu di sekolah.
2) Acara perayaan kelulusan murid-murid SMP.
3) Acara pernikahan seorang anggota keluarga.
4) Kegiatan membersihkan rumah pada hari
Minggu.
Peristiwa bersejarah bagi kehidupan manusia
ditunjukkan oleh nomor . . . .
a. 1) dan 2)
b. 1) dan 3)
c. 2) dan 3)
d. 2) dan 4)
e. 3) dan 4)
Jawaban: c
Tidak semua peristiwa dan aktivitas manusia
dapat dikategorikan sebagai peristiwa sejarah.
Aktivitas yang dapat diketegorikan sebagai
peristiwa sejarah adalah aktivitas yang memiliki
pengaruh besar bagi kehidupan manusia. Dari
keempat peristiwa di atas, peristiwa nomor 2) dan
3) merupakan contoh peristiwa yang dapat
dikatakan sebagai peristiwa bersejarah.
18. Sejarah dalam pengertian objektif memiliki ciriciri
berikut, kecuali . . . .
a. peristiwa yang benar-benar terjadi
b. peristiwa itu tidak dapat diulang lagi
c. tidak memuat unsur-unsur subjek pengamat
atau pencerita
d. bangunan yang disusun penulis sebagai suatu
uraian atau cerita
e. peristiwa yang dapat dibuktikan sehingga memiliki kebenaran objektif
Jawaban: d
Sejarah dalam arti objektif merujuk pada kejadian
atau peristiwa yang dapat dibuktikan sehingga
memiliki kebenaran objektif. Kejadian itu sekali
terjadi tidak dapat diulang lagi. Keseluruhan proses
itu bersifat objektif karena tidak memuat unsurunsur
subjek pengamat atau pencerita.
19. Peristiwa pembacaan teks proklamasi pada
tanggal 17 Agustus 1945 merupakan contoh
sejarah sebagai peristiwa karena bersifat . . . .
a. einmalig
b. heroik
c. diakronis
d. empiris
e. teoretis
Jawaban: a
Sejarah dalam pengertian sebagai peristiwa
memiliki sifat atau ciri-ciri einmalig dan unik.
Einmalig berarti sekali terjadi. Setiap peristiwa
hanya sekali terjadi dan tidak akan pernah terulang
kembali. Peristiwa pembacaan teks proklamasi
pada tanggal 17 Agustus 1945 oleh Soekarno
hanya sekali terjadi dan tidak akan terulang
kembali.
20. Dalam menyajikan tulisan sejarah penulis hendaknya
menggunakan gaya bahasa yang . . . .
a. berbunga-bunga
b. berbelit-belit
c. hiperbola
d. atraktif
e. lugas
Jawaban: e
Dalam penulisan sejarah, gaya bahasa yang
digunakan harus lugas atau tidak berbelit-belit
sehingga kisah sejarah mudah dipahami oleh
pembaca. Sejarawan juga tidak perlu menyajikan
cerita tentang tokoh atau peristiwa sejarah secara
berbunga-bunga sehingga mengaburkan faktanya.