STRATEGI PENYAJIAN BAB I
STRATEGI PENYAJIAN BAB I
A. Tahapan Penyajian
Penyajian dilaksanakan dalam tahap, yaitu:
1. Tahap Kerja Kelompok kecil dengan durasi 60 menit.
2. Tahap kompetisi kelompok besar dengan durasi 30 menit
B. Teknis Pelaksanaan
1. Tahap Kerja Kelompok Kecil
• Kelas dibagi dalam kelompok kecil @ 5 orang.
• Setiap kelompok diminta membuat 3 pertanyaan dengan kata kunci yang
diberikan (5 menit)
• Pertanyan kelompok ditukar ke kelompok lain.
• Pertanyaan didiskusikan untuk dijawab (15 menit)
• Hasil diskusi dituliskan dalam kertas besar untuk ditempel di dinding
kelas
• Satu orang dari tiap kelompok menjadi juru bicara menunggu stand
(jawaban yang dipajang).
• Anggota yang bukan penjaga berkeliling ke tiap stand bertanya,
konfirmasi, atau menyanggah penjaga stand.
• Stiap anggota kelompok diberi hak untuk mengecek kebenaran jawaban
pada pertanyaan yang dibuatnya.
• Skema kelas diilustrasikan seperti gambar berikut
• Kata kunci untuk masing-masing kelompok adalah
A) Kompetensi inti –pengetahuan
B) Kompetensi dasar – keterampilan konkret
C) Prosedural – Dimensi proses kognitif
D) Keterampilan abstrak – kompetensi inti
E) Materi pebelajaran – SKL
F) Sikap – Kegiatan Pembelajaran
G) HOTS – Indikator
H) Metakognitif – Model Pembelajaran
2. Tahap Kompetisi Kelompok Besar
• Kelas dibagi dalam dua kelompok besar dengan jumlah yang relatif sama
• Kelomok berbaris satu lajur ke belakang.
• Peserta paling depan mewakili kelompok secara bergantian
• Fasilitator membacakan penyataan yang berkaitan dengan jawaban.
• Wakil kelompok berebut mencari jawaban yang benar dengan langsung
mencopot. Peserrta yang paling dahulu yang berhak dinyatakan sebagai
pemenang.
• Jawaban benar diberi skor 3, Tidak menjawab diberi skor nol. Jawaban
salah diberi skor -1
• Kelompok pemenang diumumkan berdasarkan raihan jumlah skor
• Contoh tampilan papan tulis yang ditempeli jawaban seperti gambar
berikut
JAWABAN SKOR KEL A SKOR KEL B
Metakognitif Kompetensi Dasar
Sikap Konkret
Strategi pembelajran Kompetensi Inti
Tingkat VI Model Pembelajaran
Sikap Religius Dimensi Pengetahuan
Kegiatan Pembelajaran Abstrak
SKL Pengetahuan Model Pembelajaran
Prosedural Tingkat V
Indikator Proses Kognitif
• Jawaban dan pernyataan yang disediakan adalah sebagai berikut.
No Pernyataan (dibacakan fasilitator) Jawaban
1. kemampuan belajar yang meliputi: mengamati, menanya, mengumpulkan
informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan Astrak
2. kemampuan untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh
peserta didik melalui pembelajaran Kompetensi dasar
3. Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural,dan
metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi,seni, dan budaya
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab serta dampak fenomena dan kejadian. SKL Pengetahuan
4. Pengetahuan abstraksi yang diprediksi sebelum kejadian melalui
pemikiran yang rasional. Metakogntif
5. Mengoperasikan alat, merupakan tindak dan perilaku motorik, dan
menghasilkan karya benda Konkret
6. Mencakup faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif Dimensi
Pengetahuan
7. Dikembangkan berdasarkan rumusan kompetensi dasar dari KI-4 yang
menuntut keterampilan tertentu pada ranah abstrak dan konkret Kegiatan
Pembelajaran
8. Mencakup kompetensi inti kelas X dan XI Tingkat 5
9. Mencakup memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan
mencipta Proses Kognitif
10. diperoleh melalui aktivitas menerima, menjalankan, menghargai,
menghayati, dan mengamalkan. Sikap
11. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi Sikap Sosial
12. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif,
serta mampu menggunakan metoda sesuai dengan kaidah keilmuan
Keterampilan
13. kerangka konseptual dan operasional pembelajaran yang memiliki
nama, ciri, syntax, pengaturan, dan budaya Model Pembelajaran
14. Langkah-langkah sistematik dan sistemik yang digunakan pendidik
untuk menciptakan lingkungan belajar yang memungkinkan terjadinya proses
belajar dan tercapainya kompetensi yang ditentukan Atrategi
pembelajaran