STRATEGI PENYAJIAN BAB I

STRATEGI PENYAJIAN BAB I A. Tahapan Penyajian Penyajian dilaksanakan dalam tahap, yaitu: 1. Tahap Kerja Kelompok kecil dengan durasi 60 menit. 2. Tahap kompetisi kelompok besar dengan durasi 30 menit B. Teknis Pelaksanaan 1. Tahap Kerja Kelompok Kecil • Kelas dibagi dalam kelompok kecil @ 5 orang. • Setiap kelompok diminta membuat 3 pertanyaan dengan kata kunci yang diberikan (5 menit) • Pertanyan kelompok ditukar ke kelompok lain. • Pertanyaan didiskusikan untuk dijawab (15 menit) • Hasil diskusi dituliskan dalam kertas besar untuk ditempel di dinding kelas • Satu orang dari tiap kelompok menjadi juru bicara menunggu stand (jawaban yang dipajang). • Anggota yang bukan penjaga berkeliling ke tiap stand bertanya, konfirmasi, atau menyanggah penjaga stand. • Stiap anggota kelompok diberi hak untuk mengecek kebenaran jawaban pada pertanyaan yang dibuatnya. • Skema kelas diilustrasikan seperti gambar berikut • Kata kunci untuk masing-masing kelompok adalah A) Kompetensi inti –pengetahuan B) Kompetensi dasar – keterampilan konkret C) Prosedural – Dimensi proses kognitif D) Keterampilan abstrak – kompetensi inti E) Materi pebelajaran – SKL F) Sikap – Kegiatan Pembelajaran G) HOTS – Indikator H) Metakognitif – Model Pembelajaran 2. Tahap Kompetisi Kelompok Besar • Kelas dibagi dalam dua kelompok besar dengan jumlah yang relatif sama • Kelomok berbaris satu lajur ke belakang. • Peserta paling depan mewakili kelompok secara bergantian • Fasilitator membacakan penyataan yang berkaitan dengan jawaban. • Wakil kelompok berebut mencari jawaban yang benar dengan langsung mencopot. Peserrta yang paling dahulu yang berhak dinyatakan sebagai pemenang. • Jawaban benar diberi skor 3, Tidak menjawab diberi skor nol. Jawaban salah diberi skor -1 • Kelompok pemenang diumumkan berdasarkan raihan jumlah skor • Contoh tampilan papan tulis yang ditempeli jawaban seperti gambar berikut JAWABAN SKOR KEL A SKOR KEL B Metakognitif Kompetensi Dasar Sikap Konkret Strategi pembelajran Kompetensi Inti Tingkat VI Model Pembelajaran Sikap Religius Dimensi Pengetahuan Kegiatan Pembelajaran Abstrak SKL Pengetahuan Model Pembelajaran Prosedural Tingkat V Indikator Proses Kognitif • Jawaban dan pernyataan yang disediakan adalah sebagai berikut. No Pernyataan (dibacakan fasilitator) Jawaban 1. kemampuan belajar yang meliputi: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan Astrak 2. kemampuan untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh peserta didik melalui pembelajaran Kompetensi dasar 3. Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural,dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi,seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena dan kejadian. SKL Pengetahuan 4. Pengetahuan abstraksi yang diprediksi sebelum kejadian melalui pemikiran yang rasional. Metakogntif 5. Mengoperasikan alat, merupakan tindak dan perilaku motorik, dan menghasilkan karya benda Konkret 6. Mencakup faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif Dimensi Pengetahuan 7. Dikembangkan berdasarkan rumusan kompetensi dasar dari KI-4 yang menuntut keterampilan tertentu pada ranah abstrak dan konkret Kegiatan Pembelajaran 8. Mencakup kompetensi inti kelas X dan XI Tingkat 5 9. Mencakup memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta Proses Kognitif 10. diperoleh melalui aktivitas menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, dan mengamalkan. Sikap 11. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi Sikap Sosial 12. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai dengan kaidah keilmuan Keterampilan 13. kerangka konseptual dan operasional pembelajaran yang memiliki nama, ciri, syntax, pengaturan, dan budaya Model Pembelajaran 14. Langkah-langkah sistematik dan sistemik yang digunakan pendidik untuk menciptakan lingkungan belajar yang memungkinkan terjadinya proses belajar dan tercapainya kompetensi yang ditentukan Atrategi pembelajaran
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
sr7themes.eu.org
Materi PKBM Gratis

Dapatkan materi pembelajaran PKBM secara gratis. Klik tautan di bawah untuk akses penuh.