ANTARMUKA MANUSIA - KOMPUTER


    Prinsif dasar sebuah sister komputer  adalah masukan , proses, keluaran ( input, proses, output. Kepada Komputer, pengguna memberikan data masukan , yang bisanya berupa angka maupun deretan karakter. Data masukan ini kemudian diolah (diproses) oleh komputer menjadi keluaran yang di ininkan atau diharapkan pengguna.

Ketika seseorang bekerja dengan sebuah komputer secara di sadari atau tidak, dia melakukan Interkasi  dengan komputer dengan menggunakan cara-cara tertentu. Interaksi  terjadi ketika pengguna memasukan data, yang kemudian akan di tanggapi oleh komputer  dengan menampilkan suatu keluaran kelayar tampilan atau kepencetak.  Dari jargon “masukan, proses, keluaran” di atas, pengguna memang tidak tahu menahu  (atau tidak ingin tahu) proses yang sesungguhnya di dalam sistem Komputer, Dengan kata lain, lewat masukan dan keluaranlah penggunak dan komputer saling berinteraksi.

Media Interaksi diperlukan agar pengguna dan komputer dapat berinteraksi. Dengan adanya interakasi ini maka pengguka akan merasakan keramahan sistem komputer yang di gunakannya. Sebagai contoh, program yang terjadi pada Gambar 1.1

[ 1 ]  #---------------------------------------------------------------
[ 2 ] #Contoh penggunaan statemen masukan dan keluaran
[ 3 ] #----------------------------------------------------------------
[ 4 ] # ! /usr/local/bin/python
[ 5 ] # -*-coding : utf – 8 -*-

[ 7 ] # --- meminta masukan dari pengguna ---
[ 8 ] nama = raw_input (‘Nama Anda?  ‘)
[ 9 ] alamat = raw_input (‘Alamat Anda?   ‘)
[10] umur = input (‘Usia Anda?   ‘)

[12] #--- mencetak hasil ---
[13] print
[14] print ‘Hallo,’
[15] print ‘Nama Anda : ‘, nama
[16] print ‘Alamat Anda : ‘, alamat
[17] print Usia Anda : ‘, umur                                                                               a.

Nama Anda?  Insap
Alamat Anda?  Cianjur
Usia Anda? 30

Hallo,
Nama Anda :  Insap
Alamat Anda :  Cianjur
Usia Anda :  30                                                                                                                                                      b.

Adalah program sederhana yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman Pyton.  Dalam program tersebut , contoh sederhana interaksi  ketika menggunakan menerapkan statemen

Raw_input dan /atau input  . Ketika komputer mengolah statemen ini , komputer meminta pengguna untuk memasukkan data ke komputer. Selanjutkan statemen print digunakan untuk mencetak  hasil pengejaan oleh komputer. 
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
sr7themes.eu.org
Materi PKBM Gratis

Dapatkan materi pembelajaran PKBM secara gratis. Klik tautan di bawah untuk akses penuh.