LAPORAN HASIL
PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
TENTANG PETUGAS
LAPANGAN DI PT KSP ABDI DALEM
MANDIRI
TANGGAL: 08 Desember 2014 Sampai 08 Januari
2015
Laporan ini di
ajukan sebagai syarat untuk mengikuti Ujian Akhir Nasional (UAN) dan Ujian
Akhir Sekolah (UAS)
![](file:///C:\Users\unik\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image002.jpg)
Disusun oleh :
NAMA: DIONISIUS
JOKO PURNOMO
NIS: 533
SMK NEGERI 1 BELITANG III
PROGRAM KEAHLIAN :
AKUNTANSI
jl raya Desa Nusa
Bakti kec. Belitang III - OKU TIMUR
kode pos 32382 telp.085664838465
web:www.smkn1belitang3.sch.co.id
email:smkn-nusabakti@yahoo.co.id
Lembar Pengesahan
LAPORAN
PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
(PRAKERIN)
Di KSP.ABDI DALEM MANDIRI
DISYAHKAN
Hari :...........
Tanggal:...........
Manager koperasi
Fx. Supardi .se.
Pembimbing Du /Di, Pembimbing Sekolah
Kristofourus Ts Titin Sulistiani,S.pd
MENGETAHUI
Kepala SMK N BELITANG III KETUA JURUSAN AKUNTANSI
Drs. YOHANES HARI SANTOSA TITIK
RUSYANTI, S.Pd
NIP 19660215196011001 NIP 19806182010013013
KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan syukur Alhamdulillah atas kehadirat ALLAH
SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia nya kepada penulis, sehingga
lpenulisan laporan praktek kerja industry (prakerin) di koperasi abdi dalem
mandiri dapat tersalesaikan dengan baik
Laporan ini dapat
diselesaikan atas bantuan dan bimbingan dari semua pihak . untuk itu kami
mengucapkan terimakasih kepada semua pihakyang ikut membantu dalam penyelesaian
laporan ini, terutama kepada:
1.
Bapak Drs. Yohanes
Hari Santosa selaku kepala SMKN I BELITANG III
2.
Bapak Fx.
Supardi,Se selaku Manager Koperasi Abdi Dalem Mandiri
3.
Bapak Kristoforus
T.S selaku pembimbing instansi Koperasi Abdi Dalem Mandiri
4.
Ibu titk Rusyanti,
s.pd selaku ketua jurusan akuntasi
5.
Seluruh
karyawan Koperasi Abdi Dalem
Mandiri yang telah meluangkan waktunya untuk membantu kami selama melaksanakan
prakerin.
6.
Seluruh dewan guru
SMKN I BELITANG III yang telah
menyumbangkan ilmu kepada kami.
7.
Kedua orang tua
yang telah memberikan dukungan kepada kami
8.
Semua pihak yang
tidak dapat penulis sebutkan satu persatu yang telah membantu dalam proses
penyusunan laporan ini.
Penyusunan laporan ini sebagai salah satu
syarat untuk mengikuti ujian akhir nasional (UAN) dan ujian akhir sekolah (UAS)
tahun pelajaran 2014-2015 serta sebagai bukti bahwa telah melaksanakan praktek
kerja industri (PRAKERIN).
Penulis menyadarisepenuhnya bahwa
laporan ini masih jauh dari sempurna. untuk itu kritik dan saran yang sifatnya
membangun demi kesempurnaan laporan ini sangat penulis harapkan. Mudah-mudahan
laporan ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan pembaca pada umumnya.
OKU
TIMUR..................2015
Penyusun
.....................
DAFTAR
ISI
HALAMAN
JUDUL............................................................................................................................................
LEMBAR PENGESAH................................................................................
KATA PENGANTAR ..................................................................................
DAFTAR ISI..................................................................................................
BAB I PENDAHULUAN.............................................................................
1.1LatarBelakang
1.1.1 Gambaran Umum Perusahaan...........................................................
1.1.2 Sejarah Perusahan..............................................................................
1.1.3 Struktur organisasi perusahaan..........................................................
1.1.4 Rekapitulasi Peralatan dan
Perabotan Perusahaan............................
1.1.5 kegiatan Usaha Perusahaan...............................................................
1.2 Tujuan
1.2.1 Tujuan Pelaksanaan Prakrin...............................................................
1.2.2 Tujuan Dan Manfaat Pakrin..............................................................
1.2.3 Tujuan Pembuatan Laporan...............................................................
BAB
II PROSES PELAKSANAAN
2.1 Waktu dan TempatPelaksanaan............................................................
2.2 Alat danBahan......................................................................................
2.3 Gambar Kerja.......................................................................................
2.4 Proses Pengerjaan.................................................................................
2.5 Implementasi Keselamatan Kerja
Kantor.............................................
2.6 Hasil Yang Dicapai...............................................................................
2.7 Visi Dan Misi........................................................................................
BAB III PEMBAHASAN
3.1
Kajian Teori..............................................................................
3.2
Temuan di Perusahan................................................................
3.3 Keterlasanan (Faktor pendukung
dan penghambat).................
3.4 Manfaat yang dirasakan ..........................................................
3.5
Pengembangan / Tindak lanjut.................................................
BAB
IV PENUTUP
4.1Penutup......................................................................................
4.2 Kesimpulan...............................................................................
4.3
Saran.........................................................................................
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.
agenda/Jurnal
2.
Daftar Hadir
3.Sistematika Penulisan
BAB
I
PENDAHULUAN
I.I. LATAR BELAKANG
Praktek kerja industri (prakerin ) adalah merupakan
suatu bentuk penyelanggaraan pendidikan keahlian professional yang memadukan
secara sistematis singkronisasoi program pendidikan sekolah dan dunia usaha/industri sehingga di peroleh satu
tingkat keahlian professional tertentu yang dicapai siswa.
Pada dasarnya ilmu pengetahuan dan teknik dapat di pelajari di sekolah
sedangkan unsur kiat para peserta didik melalui pembiasan dan
internalisasi langsung pada bidang
profesi tersebut prakerin merupakan program pendidikan smk yang di rancang
untuk menumbuhkan unsur kiat para peserta didik dengan jalan memberi kesempatan
untuk bekerja langsung pada bidang profesi tersebut
I.1.1. Gambaran Umum Perusahaan
Koperasi Abdi Dalem Mandiri adalah koperasi
yang menjunjung tinggi pada kepercayaan baik sesama anggota,
pengurus/pengelola. Dengan saling percaya diharapkan koperasi dapat berkembang
seirama dengan meningkatnya kesejahteraan keluarga para anggotanya.
1.1.2 Sejarah Perusahaan
Dibentuk Pada tahun 2004 Oleh Staf Yayasan
Pansos bersama masyarakat
Binakarsa dan sekitarnya dengan anggota berjumlah 25 orang dengan asset
sekitar 17 juta.Nama Abdi Dalem terinspirasi
dari pengurus Yayasan pansos adalah seorang pastor bernama Petrus Abdi Putra Raharjo SCJ,yang
sangat terkenal dengan gagasannya untuk melayani orang miskin, dan
terpinggirkan, diseluruh keuskupan Palembang.Pada tahun 2005 mengubah strategi
dengan menjemput bola, dengan cara berkeliling di desa-desa terdekat untuk 5
desa(binakarsa,binatani,pematang jaya,pematang sari,cahaya mas, dan
sekitarnya). Tahun 2005 memperoleh legalitas dari pemerintah berupa BH nomor
20/BH/D.KPPKM/XI/XI/2005, tanggal 15 NOVEMBER 2005.
1.1.3.
Struktur organisasi perusahaan
![](file:///C:\Users\unik\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image004.gif)
Tiga pilar/motto KSP- ADM
a.
Swadaya, KSP - ADM
memiliki prinsip untuk berusaha dapat membiayai dirinya sendiri & tidak
akan tergantung pada pihak lain
b.
Solidaritas, wujud
nyata dari solidaritas dalam kopdit yaitu selalu memperhatikan kebutuhan sesama
anggota dengan cara menyetor simpanan dengan tertib dan mengembalikan pinjaman
dengan teratur
c.
Pendidikan, Kopdit
dimulai dari pendidikan, dikembangkan oleh pendidikan serta dikontrol oleh
pendidikan. Karena itu setiap anggota kit wajib mengikuti pendidikan agar dapat
mengetahui hak dan kewajibannya.
1.1.4.Rekapitulasi Peralatan dan Perabotan Perusahaan
a. Komputer
b. Printer
c. Laptop
d. ATK
e. Kartu Pinjaman dan Simpanan
f. Slip Penarikan dan Setoran
1.1.5.Kegiatan Usaha
a. Melakukan simpan pinjam
b. Pembayaran PLN,Pembayara Angsuran Motor
c. Melakukan Menabung
,Abdi,Masda,Pandai
d. Melakukan Penarikan
1.2. TUJUAN
1.2.1. Tujuan Pelaksanaan
Prakerin
Penyelenggaraan prakerin berjujuan untuk:
a.
Menghasilkan tenaga kerja yang
memiliki keahlian profesional, yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat
pengetahuan, keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan
kerja.
b.
Memperkokoh hubungan keterkaitan dan
kesepadanan (Link and Match) antara SMK dan Industri.
c.
Meningkatkan efisiensi proses pendidikan
dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas profesional.
d.
Memberi pengakuan dan penghargaan
terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.
1.2.2.Tujuan Prakerin
a.
mampu menyesuaikan
diri dengan lingkungan kerja dan industry yang sesungguhnya
b.
memiliki tingkat
kompetensi standart sesuai yang dipersyaratkan oleh du/di
c.
menjadi tenaga
kerja yang berwawasan mutu, ekonomis, bisnis,kewirausahaan dan produktif
d. dapat menyerap perkembangan teknologi dan budaya untuk
pengembangan diri
1.2.3.Tujuan
Pembuatan Laporan
a.
Sebagai salah satu bentuk
latihan,dalam menghapi Uji Kompetensi pada akhir proses pembelajaran.
b.
Sebagai salah satu tugae yang di
syaratkan untuk menempuh ujian akhir sekolah (UAS)
dan ujian akhir nasional (UN)
c.
menambah wawasan tentang penulisan
karaya ilmiah.
BAB
II
PROSES
PELAKSANAAN
2.1.
Waktu dan tempat pelaksanaa
1.
Waktu pelaksanaan prakerin di
laksanakan pada tanggal 08 Desember sampai dengan tanggal 08 Februari.2015
2.
Tempat pelaksanaan Prakerin di KSP
ABDI DALEM MANDIRI di unit Catur tunggal blok f Kecamatan Mesuji Makmur 30681.
2.2. Alat dan Bahan
a. laptop
b. komputer
c. kalkulator
d. ATK
2.3. Gambar Kerja
Koperasi
abdi dalem mandiri masih menggunakan sistem kerja manual namun akan menggunakan
sistem otomatis masih dalam tahap berjalan.
2.4. Proses Pengerjaan
![](file:///C:\Users\unik\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image006.gif)
1.
ABSEN Sebelum melakukan
kolektif kerumah anggota
2.
BERANGKAT KERUMAH ANGGOTA melakukan
kolektif dirumah anggota
3.
KELUARKAN SLIP melakukan dengan menggunakan slip masuk dan
penarikaan
4.
UANG KOLEKTIF uang hasil dari rumah anggota
5.
KEMBALI KEKANTOR memasukan slip kedalam RJMK dan RJKK dan
mengimput slip hasil kolektif
2.5. Implementasi Keselamatan Kerja
Keselamatan
kerja di KSP ABDI DALEM MANDIRI sangatlah mengutamakan keselamatan kerja.
Terbukti apa yang di terapkan di sekolah tentang keselamatan kerja baik secara
teori maupun secara praktek, ternyata di
KSP ABDI DALEM MANDIRI lebih cenderung ke implementasi prakteknya.
Berikut
adalah penerapan keselamatan kerja di KSP ABDI DALEM MANDIRI antara lain:
a. Adanya alat pemadam kebakaran
yang di tempatkan di dinding ruangan.
b. Gambar atau tulisan "NO
SMOKING".
c.
Adanya P3K.
2.6. Hasil Yang Dicapai
Setelah selesai kegiatan sesuai dengan yang di rencanakan
dan yang kami susun untuk mendukung tercapainya tujuan, maka hasil yang kami
capai telah selesai dan berjalan lancar meskipun terdapat kendala yang di
hadapi. Kami berharap dengan adanya Prakerin akan memiliki keahlian profesional
sesuai kurikulum sekolah sehingga tamatan SMK diharapkan mempunyai
keterampilan, untuk terjun ke dunia kerja dan mampu bersaing di era globalisasi
ini.
Dan kami dapat mengaplikasikan keterampilan yang telah
diperoleh di sekolah pada bidang-bidang kerja yang sesuai dengan program
keahliannya, serta memberikan kesempatan dan garansi bagi para siswa yang
berprotensi untuk menjadi tenaga kerja terampil dan produktif berdasarkan
pengakuan standart profesi lapangan kerja.
Dan meningkatkan status kepribadian para siswa sehingga
mereka mampu berinteraksi, berkomunikasi dan memiliki rasa tanggung jawab serta
disiplin yang tinggi.
BAB
III
PEMBAHASAN
3.1. Kajian Teori
3.1.1 Pengertiaan Pegutas
Lapangan
Penegertian
petugas lapangan di koperasi Abdi Dalem adalah karyawan yang bertugas berkujung
ketempat-tempat anggota yang menjadi anggota Koperasi untuk tindakan kolektif
dan eksekusi pada pinjaman bermasalah
3.1.2 Tindakan
Petugas Lapangan
3.2.1.
Tindakan Setelah Mengisi Formulir Permohonan Pinjaman
a.
Mohon informasi dari bagian
administrasi kredit/ custemer service
b.
Cek/uji kelengkapan isian formulir
permohonan pinjaman apa sudah diisi dengan
lengkap dilampiri dengan
melihat copy KTP, foto suami istri, copy jaminan.
c.
Lakukan kunjungan rumah dan buatlah
denah sederhana lokasi pinjaman taksiran harga
jaminan, lampiran foto jaminan (berupa rumah atau kebun karet/sawit) dilanpiri dengan bukti kunjungan yang
ditanda tangani calon peminjam.
d.
Hitunglah dengan analisa yang baik
dan benar bahwa pinjama dan debitur bisa dan mampu
membayar angsuran dengan lancar berdasarkan kunjungan dan surveydi lapangan.
e.
Bersikaplah jujur dan terbuka
terhadap calon debitur/ pinjaman sehingga dipastikan dapat terjamin kerjasama yang baik dan kredit selesai/ lunas
tepat pada waktunya.
f. Carilah
informasi kepada tetangga disekitar calon debitur, baru kemudian dengan keluarga istri/suami yang syah bahwa
benar mengajukan pinjaman dan telah disetujui
keluarganya.
g. Dirapatkan
dengan panitia kredit yang dijadwalkan rutin oleh pengurus/manager simpulkan bahwa pinjaman/permohonan
tersebut layak dibiayai atu ditolak atau besarnya
harus dicairkan.
h. Melalui
bagian administrasi kredit dilakukan pemberitahuan/panggilan bahwa pinjaman ditolak atau dicairkan/disetujui
untuk melakukan akad kredit di kantor.
i.
Cek dan kontrol kartu tabunagan dan
pinjaman masing-masing anggota, setiap pagi sebelum
kunjungan lapangan.
j.
Pastikan bahwa setiap setoran
/tagihan/ tabungan sudah disetorkan paling lambat jam 9.00 WIB pagi keesokan harinya bila pulang lewat jam
15.00 WIB kantor sudah tutup.
k.
Bertanggungjawab minimal 100 anggota/ nasbah maksimal 150
anggota, data dari bagian
administrasi dan untuk pendidikan koordinasi dengan bagian diklat dan kontrol sehinga NPL lebih rendah dari
3% dibanding pinjaman beredar.
l.
Tinggalkan semua meja kerja dalan
keadaan rapi dan bersih dari kertas kerja, sehingga
menunjukan pribadi yang baik dan layak untuk dihormati oleh teman seprofesi.
3.2.2
Tindakan Setelah Kredit Dicairkan
a.
Pastikan setelah uang diterima
cukup, sudah dicatat pada buku register
pinjaman, slip pencairan, slip
keluar, kartu pinjaman/ KSPA dan buku
anggota.
b.
Apakah surat pinjaman dengan
materai, disaksikan istri/suami dan pinjaman sudah mengisi pernyataan kuasa menjual aguman, isian tanda terima
jaminan dan arsipkan jaminan dan
dimasukan ke map/file masing-masing anggota dengan aman serta rapi (harus dilihat dan diparaf ) untuk diserah
kebagian administrasi kredit.
c.
Buat daftar tagihan atau kuajiban
setiap akhir bulan atau persiapan penagihan bulan
berikutnya dan disampaikan ke bagian departemen (asuransi) paling lambat t` anggal 31 setiap akhir bulan.
d.
Gunakan buku kelalian dan ingatkan
dan tagihan anggota yang molor lebih dari 1- 5
hari, dan berikan denda bagi yang lebih dari 6 hari dengan perhitungan 5% dari kuajiban yang harus disetor pad bulan
berjalan.
e.
Kunjungi apakah uang digunakan
sesuai dengan pengajuan pinjaman dan tanyakan bila
ada kesulitan dan bila mungkin
memberikan beberapa solusi yang dapat dia lakukan,
berdasarkan peratuaran yang ada di koperasi.
f.
Mengisi kartu pinjaman sesuai dengan
transaksi yang terjadi, angsuran maupun simpanan.
3.2.3 Sanksi/ Tanggung jawab :
Petugas lapangan bertanggung jawab penuh terhadap harta
koperasi yang dibawa berupa dana hasil kolektif. Sehingga setiap tindakan menggunakan
uang setoran anggota untuk kepentingan pribadi atau Menghilangkannya, maka
petugas tersebut harus menggantinya sebagai langkah bertanggung jawab.
3.3 Temuan di Perusahaan
a.
Bisa menulis transaksi masuk dan
transaksi keluar.
b.
Bisa memasukan bunga dalam tabungan
c.
Bisa memasukan semua transaksi ke
dalam kartu Si- ABDI/ Si-PANDAI dan kartu pinjaman
d. Bisa
memasukan ke dalam RJMK dan RJKK
e.
Bisa mengimput transaksi
masuk,keluar,dan konsumsi
3.4 Keterlaksanaan(Faktor Pendukung dan
Penghambat)
3.4.1
Faktor Pendukung
Faktor
pendukung yang ada di KSP ABDI DALEM
MANDIRI dalam pelaksanaan prakrin
antara lain:
a.
Fasilitas peralatan yang ada sangat mendukung.
b.
Pembimbingan kepada peserta prakerin
oleh pihak usaha sangat baik.
c.
Ruangan yang cukup luas.
3.4.2.
Faktor Penghambat
a.
Jalan rusak
pada umumnya keadaan jalan dari
cahayamas ke catur tunggal rusak sehingga transportasi menuju kekantor KSP Abdi
dalem membutuhkan waktu yang cukup lama.
b.
Tempatnya tidak strategis
Lokasi kantor KSP Abdi dalem Catur
tumggal sedikit masuk kelorong perumahan sehingga untuk mencapai kantor bagi
yang baru pertama mencari mungkin sedikit kesulitan.
3.4 Manfaat yang Dirasakan
Melalui
pelaksanaan praktek kerja industi (Prakerin) ada beberapa manfaat yang di
rasakan antaralain:
a.
Mempraktekkan teori dan praktek yang
di dapatkan di sekolah dalam dunia kerja.
b. Meningkatkan kedewasaan siswa.
c. Menambah wawasan dalam dunia kerja.
d. Dapat mengetahui lebih luas tentang
dunia kerja.
3.4.1.Manfaat Prakerin
Kerjasama antara SMK dengan usaha/industri atau instansi
dilaksanakan dalam prinsif saling membantu, saling mengisi, dan saling
melengkapi untuk kepentingan bersama.
berdasarkan prinsip ini,pelaksanaan praktik kerja industri (pakerin)
akan memberi nilai tambah atau manfaat bagi pihak-pihakyang berkerjasama.
3.4.2 Manfaat Bagi Koperasi
Penyelenggaraan prakerin memberi keuntungan nyata bagi
industri
Antara lain:
a.
Perusahaan dapat mengenal kualitas
peserta prakerin yang belajar dan bekerja di indrusrti
b.
Umumnya peserta prakerin telah ikut
dalam proses produksi secara aktif sehingga dalam pemngertian tertentu peserta
prakerin adalah tenaga kerja yang memberi keuntungan
c.
Peruhaan dapat memberi tugas kepada
pesrta prakerin untuk kepentingan prusahaan sesuai kopetensi dan keampuan yang
dimiliki.
d.
Selama proses pendidikan melaluai
kerja indrustri, peserta prakerin mudah diatur dalam hal disiplin berupa
kepatuhan terhadap peraturan prusahaan
e.
karena itu, sikap peserta prakrin
dapat dibentuk sesuai dengan ciri khas tertentu indrustri
f.
memberi keputusan bagi dunia
usaha/dunia indrustri karena diakui ikut serta menentukan hari depan bangsa
melalui praktik kerja indrustri (Prakerin)
3.4.3 Manfaat bagi sekolah
Tujuan
pendidikan untuk memberi keahlian professional bagi peserta didik lebih
terhamin pencapaiannya. Terdapat kesesuaian yang lebih pas antara program
pendidikan dengan kebutuhan lapangan kerja ( sesuai dengan prinsip Link and
Match ). Memberi keputusa bagi penyelenggara Pendidikan sekolah karena
tamatannya lebih terjamin meperoleh bekal yang bermanfaat, baik untuk
kepentinga tamatan, kepentingan dunia kerja, dan kepentingan bangsa.
3.4.4 .Mafaat
Bagi Praktik / peserta didik
Melalui
pelaksanaan Praktek kerja industri ( Prakerin) ada beberapa manfaat yang di
rasakan antar lain:
a.
Mempraktekkan teori dan praktek yang
di dapatkan di sekolah dalam dunia kerja.
b.
Meningjatkan kedewasaan siswa.
c.
Menambah wawawasan dalam dunia
kerja.
d.
Menghasilkan tenaga kerja yang
memeliki keahlian yang profesional yaitu tenaga kerja yang memeiliki tingkat
pengetahuan, ketrampilan dab etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan
kerja.
e.
Memberikan pengakuan dan penghargaan
terhadap pengalaman kerja sebagai proses pendidikan.
Hasil
belajar peserta industri akan lebih bermakna,karena setelah tamat akan
betul-betul memiliki keahlian profesional sebagai bekal untuk meningkatkan
paraf hidupnya dan sebagai bekal untuk pengembangan dirinya secara berkelajutan.
keahlian profesional yang diperoleh dapat mengangkat harga dan rasa percaya
diri tamatan, yang selatjutnya akan
mendorong mereka untuk meningkatkan keahlian prosionalnya pada tingkat yang
lebih tinggi.
3.5 Pengembangan/Tindak Lanjut
a.
Akan mengembangkan lagi di sekolah
sesuai dengan apa yang telah di tetapkan di dunia usaha dan industri.
b.
Akan mengamalkan apa yang di
dapatkan di tempat praktek kepada teman-teman.
c.
Mengusulkan kepada sekolah agar
meningkatkan lagi kemampuan siswa dalam menghadapi pelaksanaan prakerin.
d.
Akan memperkokoh Link and Match
kesesuaian kecocokan antara program sekolah dengan tuntutan dunia kerja.
e.
Akan membangun sikap kerja dan kepribadian yang utuh sebagai
pekerja.
PERMASALAHAN PERUSAHAAN
a. Dari manakah modal
koperasi didapat kan???
b. Apa sajakah modal
itu ???
a. Usulan Pemecahan Masalah
Dari kedua pertanyaan
di atas di dapatkan solusi pemecahan masalah adalah sebagai berikut:
a. modal koperasi didapat
dari anggota atau penabung
b. modal koperasi terbagi
dalam dua simpanan yaitu SIMPANAN
SAHAM dan SIMPANAN NON SAHAM
berikut ini adalah
uraian mengenai simpanan saham dan
simpanan non saham :
b. SIMPANAN
AHAM
Adalah Simpanan bukti kepemilikan anggota terhadap Koperasi
ABDI DALEM MANDIRI yang mendapat balas jasa pada akhir tahun berupa
deviden yang besarnya dihitung berdasarkan jumlah bulan saham dan SHU tahun
berjalan
yang disetor setiap bulan rutin oleh anggota berupa:
a. Simpanan Pokok yang dibayar satu kali saja selama menjadi
anggota sebesar Rp. 1.000.000,
b.Simpanan Wajib setiap anggota setiap bulan sebesar Rp. 20.000,- Rp.
50.000,-(alternative)
c. Simpanan Swadaya untuk meningkatkan saham anggota untuk
menambah volume pinjaman anggota.
BAB
IV
PENUTUP
4.1 .Keimpulan
Demikianlah Buku Panduan Prakerin untuk siswa SMK Negeri 1
Belitang III ini di susun untuk dijadikan acuan dalam melaksanaan kegiatan
Praktek Kerja Industri tahun pembelajaran 2014/2015.Diharapkan kepada seluruh
stake holder sekolah dan panitia bisa melaksakan seluruh kegiataan yang sudah
diprogamkan.
Perbaikan dan perbaikan adalah hal yang mutlak diperlukan
dalam melanjutkan program ini kedepan.Semoga apa yang kita rencanakan dan apa
yang kita kerjakan senantiasa mendapatkan ridho dan pertolongan dari Tuhan Yang
Maha Esa.
Pembelajaran di dunia kerja dan dunia industriadalah suatu setrategi
yang memberi peluang kepada peserta mengalami proses belajar melalui bekerja langsung pada pekerjaan yang sesungguh nya. Dengan
adanya prakerin kami dapat merasakan bagaimana pelaksanaan praktek langsung
di lingkungan dunia kerja yang langsung
dibimbing oleh pihak perusahaan.
Bahkan kami dapat mengukur sejauh mana penguasaan ilmu yang didapatkan
di sekolah. (jelaskan sesuai dengan pengalaman siswa selama praktek di dunia
usaha/dunia industri)
4.2.Saran –Saran
a.
Sekolah hendaknya
lebih menyiapkan lagi kemampuan siswa sebelum praktek di dunia kerja maupun dunia industri
b. Adanya kerja sama yang baik antara sekolah dengan dunia kerja
maupun dunia industri sehingga terjadi
singkronisasi materi yang di ajarkan di sekolah dan proses pembimbingan
di tempat praktek
c.
Berdasarkan
kesimpulan diatas, penulis menyarankan bahwa perlu ditambahnya segala fasilitas
yang kurang agar segala kegiatan dapat berjalan dengan sebaik-baiknya.
![Lampiran-Lampiran](file:///C:\Users\unik\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image007.gif)
B.Agenda
C.Daftar Hadir
D.Surat Dari Pengantar Sekolah
E.Surat Jawaban Prakerin Dari Intansi
![](file:///C:\Users\unik\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image009.jpg)
Gambar 3.2 Seluruh
pegawai koperasi
![](file:///C:\Users\unik\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image011.jpg)
![](file:///C:\Users\unik\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image013.jpg)
![](file:///C:\Users\unik\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image015.jpg)
![](file:///C:\Users\unik\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image017.jpg)
![](file:///C:\Users\unik\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image019.jpg)
![](file:///C:\Users\unik\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image021.jpg)
![](file:///C:\Users\unik\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image023.jpg)
![](file:///C:\Users\unik\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image025.jpg)
![](file:///C:\Users\unik\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image027.jpg)
contoh :gambar kartu tabungan si-pandai
![](file:///C:\Users\unik\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image029.jpg)
Gambar.1.1 contoh
bukti transaksi ksp abdi dalem mandir
![](file:///C:\Users\unik\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image031.jpg)
DAFTAR PUSTAKA
Buku pandun prakerin
Buku panduan tentang petugas
lapangan
![](file:///C:\Users\unik\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image033.jpg)