Pengertian surat lamaran pekerjaan atau yang biasa dikenal dengan cover letter dalam bahasa Inggris adalah surat yang ditulis dalam bentuk rekomendasi yang memungkinkan calon untuk melamar pekerjaan pada suatu instansi atau perusahaan. Formulir aplikasi merupakan dokumen penting yang sangat mempengaruhi kesan pertama HRD pada kandidat pelamar kerja.
Format surat lamaran kerja adalah:
- Kepala Surat
- Pembuka
- Data Diri
- Kualifikasi
- Lampiran
- Penutup dan tanda Tangan
A. KEPALA SURAT
Seperti surat-surat lainnya, struktur surat lamaran kerja juga diawali dengan tujuan surat. Cara menulis tujuan surat pada surat lamaran kerja adalah menuliskan kepada siapa surat itu ditujukan, beserta dengan alamat penerima surat.
B. PEMBUKA
Bagian selanjutnya dalam surat lamaran kerja adalah bagian pembuka dan salam pembuka. Cara membuat bagian pembuka pada surat lamaran kerja, tuliskan: salam pembuka; Informasi mengetahui lowongan kerja; nama posisi lowongan dan perusahaan yang dilamar.
C. DATA DIRI PADA SURAT LAMARAN KERJA
Pada data diri, hal yang biasanya ditulis adalah nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat, status, pendidikan, dan nomor kontak yang bisa dihubungi bisa dalam bentuk nomor telepon maupun email.
D. KUALIFIKASI
Selanjutnya merupakan bagian yang harus paling ditonjolkan pada surat lamaran kerja. Berisi kemampuan hard skill maupun softskill yang kalian kuasai.
E. LAMPIRAN
Bagian selanjutnya pada surat lamaran kerja, tuliskan dokumen yang diperlukan untuk melamar pekerjaan teserbut. Biasanya dokumen yang diperlukan akan ditulis secara lengkap pada iklan lowongan pekerjaan. Ada beberapa dokumen yang wajib dan harus disertakan saat mendaftar pekerjaan, namun juga ada beberapa dokumen khusus yang diperlukan oleh perusahaan.
F. PENUTUP
Cara menulis bagian penutup dari surat lamaran kerja, jelaskan: harapan untuk panggilan wawancara kerja; kontak informasi yang dapat dihubungi; ungkapan terima kasih; serta salam penutup