Persiapan Matang: Kunci Sukses Pendampingan Individu CGP
Langkah-langkah Jitu dengan Contoh Nyata:
1. Konfirmasi Jadwal:
- Hubungi penyelenggara PGP melalui email atau platform komunikasi yang ditentukan untuk mencocokkan jadwal pendampingan.
- Pastikan jadwal sesuai dengan kesibukan Anda dan CGP agar terhindar dari penundaan.
- Catat tanggal dan waktu pendampingan dengan jelas di kalender Anda dan bagikan agenda dengan CGP.
Contoh:
- Email: "Kepada Yth. Penyelenggara PGP [Nama Instansi], Saya ingin mengkonfirmasi jadwal pendampingan individu CGP [Nama CGP] yang sebelumnya direncanakan pada [Tanggal Awal]. Mohon konfirmasi kembali apakah jadwal tersebut masih sesuai atau perlu penyesuaian."
- Platform Komunikasi: "Halo CGP [Nama CGP], terkait pendampingan individu, bagaimana kalau kita atur di hari [Tanggal] jam [Jam]? Saya sudah cek, waktu tersebut tidak bentrok dengan agenda kita berdua."
2. Kenali CGP:
- Pelajari profil CGP yang tertera di platform PGP, termasuk latar belakang pendidikan, pengalaman mengajar, dan lokasi sekolah.
- Baca hasil karya CGP yang dimuat di platform, seperti modul refleksi dan aksi nyata.
- Jika memungkinkan, lakukan riset singkat tentang sekolah tempat CGP mengajar untuk memahami konteks kerjanya.
Contoh:
- Platform PGP: "CGP [Nama CGP] berasal dari [Sekolah] di [Kota/Kabupaten]. Beliau mengajar mata pelajaran [Mata Pelajaran] di jenjang [Jenjang Pendidikan] dan memiliki pengalaman mengajar selama [Lama Pengalaman]."
- Hasil Karya CGP: "CGP [Nama CGP] telah menyelesaikan modul refleksi tentang [Topik Refleksi] dan merancang aksi nyata terkait [Topik Aksi Nyata]."
- Riset Singkat: "Sekolah [Nama Sekolah] terletak di daerah [Karakteristik Daerah] dengan jumlah siswa [Jumlah Siswa]. Sekolah ini memiliki fokus pada [Fokus Sekolah]."
3. Tetapkan Tujuan:
- Analisis profil, hasil karya, dan konteks kerja CGP untuk menentukan fokus pendampingan.
- Rumuskan tujuan SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, and Time-bound) untuk setiap pertemuan.
- Konsultasikan tujuan pendampingan dengan CGP untuk memastikan keselarasan dan mendapatkan masukan mereka.
Contoh:
- Fokus Pendampingan: Meningkatkan keterampilan CGP dalam merancang pembelajaran yang berpusat pada murid.
- Tujuan SMART: Pada akhir pendampingan, CGP [Nama CGP] mampu:
- Mendeskripsikan prinsip-prinsip pembelajaran berpusat pada murid dengan jelas.
- Merancang satu RPP yang berpusat pada murid untuk mata pelajaran [Mata Pelajaran].
- Menerapkan RPP tersebut dalam satu sesi pembelajaran di kelas.
4. Komunikasi Terbuka:
- Sehari sebelum pertemuan, kirimkan email atau pesan kepada CGP untuk mengingatkan mereka tentang tujuan pendampingan.
- Pada awal pertemuan, sampaikan kembali tujuan pendampingan dan jelaskan agenda pertemuan secara singkat.
- Ciptakan suasana yang terbuka dan nyaman agar CGP merasa bebas untuk bertanya, berbagi ide, dan mengungkapkan perasaannya.
Contoh:
- Email: "Halo CGP [Nama CGP], besok kita akan bertemu untuk pendampingan individu dengan fokus pada [Fokus Pendampingan]. Ingat ya, jam [Jam] di [Tempat Pendampingan]."
- Pembukaan Pertemuan: "Selamat pagi CGP [Nama CGP]. Seperti yang sudah saya sampaikan melalui email, fokus pendampingan hari ini adalah [Fokus Pendampingan]. Tujuannya adalah [Tujuan SMART]. Apakah ada pertanyaan sebelum kita mulai?"
5. Pelajari Materi:
- Pelajari fokus pendampingan bulanan yang dirilis oleh penyelenggara PGP.
- Siapkan materi-materi terkait, seperti modul pelatihan, artikel, video pembelajaran, dan contoh-contoh best practice.
- Pastikan Anda memahami materi dengan baik agar dapat menjawab pertanyaan CGP secara komprehensif.
Contoh:
- Fokus Pendampingan Bulanan: Implementasi pembelajaran berdiferensiasi di kelas.
- Materi Pendampingan:
- Modul pelatihan "Pembelajaran Berdiferensiasi" dari Kemendikbudristek.
- Artikel "5 Strategi Efektif untuk Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi" dari [Sumber Artikel].
- Video pembelajaran "Contoh Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas" dari [Sumber Video].
- Pertanyaan CGP: "Bagaimana cara menerapkan pembelajaran berdiferensiasi untuk murid dengan gaya belajar yang berbeda?"
6. Apresiasi dan Motivasi: