Persiapan Matang: Kunci Sukses Pendampingan Individu CGP

Persiapan Matang: Kunci Sukses Pendampingan Individu CGP 

Persiapan Matang: Kunci Sukses Pendampingan Individu CGP (Versi Panjang dan Lengkap)
Persiapan Matang: Kunci Sukses Pendampingan Individu CGP (Versi Panjang dan Lengkap)

Langkah-langkah Jitu dengan Contoh Nyata:

1. Konfirmasi Jadwal:

  • Hubungi penyelenggara PGP melalui email, platform komunikasi yang disediakan, atau telepon. Gunakan kalimat yang jelas dan sopan, seperti: "Yth. Penyelenggara PGP [Nama Instansi], saya ingin mengkonfirmasi jadwal pendampingan individu CGP [Nama CGP] yang sebelumnya direncanakan pada [Tanggal Awal]. Mohon konfirmasi kembali apakah jadwal tersebut masih sesuai atau perlu penyesuaian."
  • Tetapkan tanggal dan waktu yang pasti, catat di kalender Anda dan bagikan dengan CGP. Gunakan platform komunikasi yang tepat, seperti email, platform PGP, atau aplikasi pesan instan yang mudah diakses.


Contoh Platform Komunikasi:

  • Email: Gunakan alamat email resmi dan profesional.
  • Platform PGP: Gunakan platform komunikasi yang disediakan penyelenggara PGP.
  • Aplikasi Pesan Instan: Gunakan aplikasi pesan instan seperti WhatsApp atau Telegram dengan nomor yang mudah dihubungi.

2. Kenali CGP:

  • Pelajari profil CGP di platform PGP, termasuk latar belakang pendidikan, pengalaman mengajar, lokasi sekolah, dan hasil karya.
  • Lakukan riset singkat tentang sekolah tempat CGP mengajar untuk memahami konteks kerjanya. Contoh: "Sekolah [Nama Sekolah] terletak di daerah [Karakteristik Daerah] dengan jumlah siswa [Jumlah Siswa]. Sekolah ini memiliki fokus pada [Fokus Sekolah]."
  • Gunakan informasi ini untuk menyesuaikan gaya pendampingan dan memberikan contoh yang relevan.

Contoh Profil CGP:

  • Latar Belakang Pendidikan: [Universitas], [Jurusan]
  • Pengalaman Mengajar: [Jumlah Tahun] tahun, [Jenjang Pendidikan], [Mata Pelajaran]
  • Lokasi Sekolah: [Kota/Kabupaten], [Nama Sekolah]
  • Hasil Karya: Modul refleksi tentang [Topik Refleksi], aksi nyata terkait [Topik Aksi Nyata]

3. Tetapkan Tujuan SMART:

  • Analisis profil, hasil karya, dan konteks kerja CGP untuk menentukan fokus pendampingan.
  • Rumuskan tujuan SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, and Time-bound) untuk setiap pertemuan. Contoh:
    • Specific: Pada akhir pendampingan, CGP [Nama CGP] mampu:
      • Mendeskripsikan prinsip-prinsip pembelajaran berpusat pada murid dengan jelas.
      • Merancang satu RPP yang berpusat pada murid untuk mata pelajaran [Mata Pelajaran].
      • Menerapkan RPP tersebut dalam satu sesi pembelajaran di kelas.
    • Measurable: CGP dapat menjelaskan prinsip-prinsip pembelajaran berpusat pada murid secara lisan dan tertulis. RPP yang dirancang CGP memenuhi kriteria penilaian RPP yang berpusat pada murid. CGP dapat menerapkan RPP tersebut di kelas dengan baik dan mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
    • Achievable: Tujuan ini dapat dicapai dalam waktu yang disediakan untuk pendampingan dan dengan dukungan yang diberikan oleh Pengajar Praktik.
    • Relevant: Tujuan ini selaras dengan fokus pendampingan dan kebutuhan CGP.
    • Time-bound: CGP dapat mencapai tujuan ini pada akhir pertemuan pendampingan.
  • Konsultasikan tujuan pendampingan dengan CGP untuk memastikan keselarasan dan mendapatkan masukan mereka.

4. Komunikasi Terbuka:

  • Sehari sebelum pertemuan, kirimkan email atau pesan kepada CGP untuk mengingatkan mereka tentang tujuan pendampingan.
  • Pada awal pertemuan, sampaikan kembali tujuan pendampingan dan jelaskan agenda pertemuan secara singkat. Gunakan bahasa yang mudah dipahami dan hindari istilah teknis yang rumit.
  • Berikan kesempatan kepada CGP untuk bertanya, berbagi ide, dan mengungkapkan perasaannya. Gunakan teknik komunikasi yang efektif seperti active listening, paraphrasing, dan open-ended questions.

Contoh Kalimat Pembuka Pertemuan:

  • "Selamat pagi CGP [Nama CGP]. Seperti yang sudah saya sampaikan melalui email, fokus pendampingan hari ini adalah [Fokus Pendampingan]. Tujuannya adalah [Tujuan SMART]. Apakah ada pertanyaan sebelum kita mulai?"
  • "CGP [Nama CGP], silakan ceritakan tentang pengalaman Anda dalam menerapkan pembelajaran berpusat pada murid di kelas. Apa yang sudah Anda lakukan? Apa tantangan yang Anda hadapi?"

5. Pelajari Materi:

  • Pelajari fokus pendampingan bulanan yang dirilis oleh penyelenggara PGP.
  • Siapkan materi-materi terkait, seperti modul pelatihan, artikel, video pembelajaran, dan contoh-contoh best practice. Pastikan Anda memahami materi dengan baik agar dapat menjawab pertanyaan CGP secara komprehensif.

Contoh Materi Pendampingan:

  • Fokus Pendampingan Bulanan: Implementasi pembelajaran berdifer

Post a Comment