Tema Pendampingan Individu: Memperkuat Kapasitas Guru Penggerak
Fokus Pendampingan:
1. PI-1: Refleksi Awal Kompetensi Guru Penggerak
- Diskusi tantangan belajar daring: Mengidentifikasi kendala dan hambatan yang dihadapi CGP dalam mengikuti program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) secara daring.
- Refleksi penerapan perubahan kelas sesuai pemikiran Ki Hajar Dewantara: Menganalisis implementasi nilai-nilai dan filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara dalam praktik pembelajaran di kelas.
- Diskusi pembuatan kerangka portofolio: Membimbing CGP dalam menyusun kerangka portofolio untuk mendokumentasikan pembelajaran dan perkembangan mereka sebagai pemimpin pembelajaran.
- Diskusi peta posisi diri dan rencana pengembangan diri dalam kompetensi guru penggerak: Membantu CGP dalam memetakan kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan mereka dalam mengembangkan kompetensi guru penggerak.
2. PI-2: Perubahan Paradigma Pemimpin Pembelajaran
- Diskusi refleksi diri tentang lingkungan belajar di sekolah: Mendorong CGP untuk mengevaluasi dan merefleksikan kondisi lingkungan belajar di sekolah mereka.
- Diskusi refleksi perubahan diri setelah mempelajari modul 1.1, 1.2 dan 1.3: Membahas pemahaman CGP terhadap materi modul 1.1, 1.2, dan 1.3 terkait kepemimpinan pembelajaran dan mendorong mereka untuk menginternalisasi nilai-nilai tersebut.
- Diskusi rencana merintis komunitas praktisi di sekolah, berdasarkan hasil pemetaan di lokakarya 1: Membimbing CGP dalam merumuskan strategi dan rencana untuk membangun komunitas praktisi di sekolah mereka.
- Mengkomunikasikan visi dan prakasra perubahan ke KS dan warga sekolah dengan dimoderasi oleh PP: Membantu CGP dalam mengkomunikasikan visi dan rencana perubahan mereka kepada kepala sekolah dan seluruh warga sekolah secara efektif.
3. PI-3: Implementasi Pembelajaran yang Berpihak pada Murid
- Refleksi hasil survei (feedback 360) + penilaian sendiri tentang kompetensi guru penggerak: Membantu CGP dalam menganalisis hasil survei 360 dan penilaian diri untuk mengidentifikasi area yang perlu diperkuat dalam pengembangan kompetensi guru penggerak.
- Diskusi rencana menerapkan pembelajaran sosial-emosional: Membimbing CGP dalam merancang dan menerapkan strategi pembelajaran sosial-emosional di kelas untuk mendukung perkembangan karakter murid.
- Diskusi hasil lokakarya 2 (keterlaksanaan dari tahapan BAGJA): Membahas kemajuan CGP dalam menerapkan tahapan BAGJA (Berencana, Aksi, Gali, Juarai, Adakan) dalam proses pembelajaran.
4. PI-4: Evaluasi dan Pengembangan Proses Pembelajaran
- Observasi kelas CGP untuk melihat penerapan dari modul budaya positif, pembeljaaran berdiferensiasi dan pembelajaran sosial-emosional: Melakukan observasi kelas untuk menilai penerapan modul budaya positif, pembelajaran berdiferensiasi, dan pembelajaran sosial-emosional oleh CGP.
- Penilaian Observasi Praktik Pembelajaran: Memberikan umpan balik dan penilaian terhadap praktik pembelajaran CGP berdasarkan hasil observasi kelas.
5. PI-5: Rancangan Program yang Berpihak pada Murid
- Refleksi penerapan aksi nyata modul 3.1: Membahas dampak dan efektivitas aksi nyata yang telah dilaksanakan CGP dalam modul 3.1.
- Diskusi rancangan program yang berdampak pada murid: Membimbing CGP dalam merancang program pembelajaran yang berpusat pada murid dan memiliki dampak positif pada perkembangan murid.
- Diskusi perkembangan komunitas praktisi yang dijalankan di sekolah serta implementasi dari rencana di lokakarya 3 untuk berbagi ke rekan sejawat: Mendorong CGP untuk berbagi pembelajaran dan pengalaman mereka dengan rekan sejawat melalui komunitas praktisi di sekolah.
6. PI-6: Refleksi Perubahan Diri dan Dampak Pendidikan
- Persiapan panen hasil belajar: Membantu CGP dalam mempersiapkan presentasi hasil belajar mereka selama mengikuti program PGP.
- Pengumpulan survei umpan balik dan refleksi hasil survei tentang kompetensi guru penggerak (feedback 360): Mengumpulkan dan menganalisis hasil survei 360 dan refleksi CGP untuk mengukur perkembangan kompetensi guru penggerak mereka.
- Refleksi perubahan dalam pembelajaran yang sudah diterapkan selama 6 bulan, diskusikan dampak pada diri guru dan murid yang terjadi: Membahas perubahan yang telah terjadi dalam praktik pembelajaran CGP dan dampaknya terhadap diri mereka sebagai guru dan murid.
- **Penilaian pemetaan aset; diskusi apakah tujuan program sudah di